Suraji, Suraji (2022) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Belajar Siswa Sekolah Minggu Buddha Vihara Se-Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan Tahun 2022. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
COVER.pdf
Download (522kB)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB) | Request a copy
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (60kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (193kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku belajar siswa Sekolah Minggu Buddha Vihara Se-kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan tahun 2022. Permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu kurangnya disiplin saat mengikuti kegiatan Sekolah Minggu, kurang tanggung jawab terhadap tugas yang telah di berikan pada saat pembelajaran, ketika mengikuti pembelajaran siswa tidak berkonsentrasi dan tidak memperhatikan pembelajaran, siswa Sekolah Minggu Buddha OKU Timur dalam mengikuti pembelajaran kurang meningkatkan semangat dalam dirinya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan teknik pengolahan data berdasarkan hasil dari penyebaran instrumen. Alat ukur untuk mengumpulkan data berupa kuisioner dengan jumlah pertanyaan 52 item dengan menggunakan skala likert pada jawaban. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 115 dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 90 responden. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Langkah-langkah yang digunakan untuk menguji besarnya pengaruh menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 23.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan regresi linier sederhana diperoleh nilai t hitung77.648 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan t tabel dengan n= 90 dan α = 0,05 diperoleh nilai 0,868. Hal ini dapat diasumsikan bahwa t hitung > t tabel (77.648 > 0,868) atau sig (0,000 ⤠0,05) maka Ho ditolak dan Ha. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,696 yang berarti bahwa pendidikan karakter berpengaruh terhadap perilaku belajar sebesar 69,6%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendidikan karakter terhadap perilaku belajar siswa Sekolah Minggu Buddha Se-kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan tahun 2022. Besarnya pengaruh tersebut adalah 69,6% sedangkan 30,4% dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Perilaku Belajar, Buddhist Education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Perilaku Belajar, Buddhist Education |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 09:57 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 09:57 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/201 |