Evaluasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha di UPT SD NEGERI 3 Waringin Sari Timur Pringsewu

Artika, Mila (2025) Evaluasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha di UPT SD NEGERI 3 Waringin Sari Timur Pringsewu. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of pertama cover.pdf] Text
pertama cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III A.pdf] Text
BAB III A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of DAFPUSTAKA.pdf] Text
DAFPUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Buddha di SD Negeri 3 Waringin Sari Timur Pringsewu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman
mendalam mengenai pelaksanaan kurikulum yang berlandaskan pada nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, khususnya dalam
konteks pendidikan agama minoritas. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana Kurikulum Merdeka
berdampak terhadap pembentukan karakter peserta didik, serta bagaimana dukungan sekolah dalam memfasilitasi proses
pembelajaran yang inklusif dan bernilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluatif berdasarkan
model CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam
dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru Pendidikan Agama Buddha, serta dokumentasi
perangkat pembelajaran. Model CIPP digunakan untuk menelaah konteks kebijakan kurikulum, kesiapan dan ketersediaan
sumber daya pendukung, proses pelaksanaan pembelajaran, serta hasil atau dampak dari implementasi kurikulum tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan Kurikulum Merdeka secara bertahap sesuai regulasi yang berlaku.
Pembelajaran Agama Buddha dilaksanakan secara setara dan menyeluruh, meskipun masih menghadapi kendala berupa
keterbatasan buku ajar resmi. Sekolah memberikan dukungan melalui pelatihan seperti Tathagata dan komunitas belajar.
Evaluasi capaian peserta didik menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek karakter, sebagaimana tercermin dalam
indikator Rapor Pendidikan yang meningkat dari kategori merah (kurang baik) pada 2022 menjadi hijau (baik) pada 2024–2025.
Temuan ini memperlihatkan bahwa Kurikulum Merdeka dapat diimplementasikan secara efektif dalam pendidikan agama
minoritas jika didukung oleh kesiapan sumber daya dan komitmen kelembagaan.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Buddha, Model CIPP, Evaluasi Kurikulum

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:51
Last Modified: 02 Oct 2025 04:51
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item
View Item