Susanto, Apri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Berdana Kelas V SDN 32 Tegineneng Pesawaran. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.
cover.pdf
Download (900kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (153kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (126kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Sekolah Dasar Negeri 32 Tegineneng dalam melakukan proses pembelajaran memiliki silabus yang didalamnya memuat materi-materi pendidikan agama Buddha salah satunya yaitu materi Berdana. Guru pendidikan agama Buddha di Sekolah Dasar Negeri 32 Tegineneng didalam proses pembelajaran masih jarang menggunakan media pembelajaran interaktif. Guru cenderung belum mampu memanfaatkan media yang ada saat ini.. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan media interaktif berbasis web pada materi berdana kelas V. Penelitian dilakuan karena pembelajaran masih bersifat konvensional, terfokus pada metode ceramah, dan penggunaan media pembelajaran belum dilakukan secara maksimal.
Metode penelitian adalah reseach and development (R and D atau penelitian pengembangan). Langkah-langkah penelitian R and D ini adalah, potensi dan masalah, studi literature, pengumpulan informasi, desain produk, validasi media, revisi desain, revisi produk, produk final. Subyek penelitian yaitu siswa yang beragama Buddha kelas V SDN 32 Tegineneng Pesawaran yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu lembar pengamatan validasi produk. Dalam pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan software Articulate Storyline ini didalam penggunaan perangkat lunak ini seperti layaknya membuat pembelajaran power point namun dikombinasikan dengan fungsi trigger tanpa pengkodean yang mudah digunakan untuk memfungsikan tombol-tombol navigasi. Oleh karena itu penggunaan dan pembuatan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline ini mudah dan dapat dijadikan solusi dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan kreatif.
Berdasarkan analisis data , nilai dari validasi ahli media sebesar 90% dan validasi ahli materi sebesar 88%. Hasil analisis data menghasilkan keputusan bahwa â pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi berdana kelas V Sekolah dasar memiliki kelayakan untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Buddha SDN 32 Tegineneng Pesawaran.
Kata Kunci : Pengembangan Media Interaktif, Berbasis Web, Materi Berdana
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengembangan Media Interaktif, Berbasis Web, Materi Berdana |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:42 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:42 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/261 |