Dalila, F., Putri, A. M., & Harkina, P. (2021). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Harga Diri. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1), 47–55. https://doi.org/10.33024/jpm.v3i1.3769 Ernilah, E., Toharudin, M., & Saefudin Wahid, F. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 158–166. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.665 Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(20), 197–206. Geofani, D. (2019). Pengaruh cyberbullying body shaming pada media sosial instagram terhadap kepercayaan diri wanita karir di Pekanbaru. Jom Fisip, 6, 2–6. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/12/. Khasanah, E. U. (2018). Kecerdasan Emosional Pada Remaja Ditinjau Dari Tipe Lembaga Pendidikan Dan Jenis Kelamin. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. http://eprints.ums.ac.id/65011/8/Naskah Publikasi.pdf Lestari, S. F., & Eriza, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Terhadap Kecerdasan Emosional Dikalangan Remaja. Jurnal Syntax Transformation, 2(February), 6. Maftukhah, N. A. (2018). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 1–10. Minalloh, N. A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Ponpes Bina Madani Bogor. Pandaleke, Y. S., Sondakh, M., & Pasoreh, Y. (2020). Pengaruh Instagram Stories terhadap Perilaku Menyimpang Siswa-Siswi di SMP Negeri 6 Ratahan. Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29771 Putri, E. (2023). Lima Kunci Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra). 02(01), 45– 49. Sahir, S. H. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang- Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022. Sambol, S., Suleyman, E., Scarfo, J., & Ball, M. (2022). Distinguishing between trait emotional intelligence and the five-factor model of personality: additive predictive validity of emotional intelligence for negative emotional states. Heliyon, 8(2), e08882. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08882 Saputra, R., Barikah, A., Lampung, S. R., Islam, U., Muhammad, K., Al, A., & Banjarmasin, B. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. UPT Publikasi Dan Pengelolaan Jurnal Universtas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad, 4(1), 60–68. The Connected Discourses Of The Buddha (Samyutta-Nikaya) Vol. III. 2010. Diterjemahkan Oleh Anggara, Indra. Jakarta Barat: DhammaCitta Press. The Long Discourses Of The Buddha (Digha Nikaya). Vol. II. 2009. Diterjemahkan Oleh Team Giri Mangala Publication Dan Team DhammaCitta Press. The Middle Length Discourses Of The Buddha (Majjhima Nikaya). Vol. I. 2004. Diterjemahkan Oleh Anggara, Indra. Jakarta Barat: DhammaCitta Press.

Gautama, Wayan Sunando (2023) Dalila, F., Putri, A. M., & Harkina, P. (2021). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Harga Diri. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1), 47–55. https://doi.org/10.33024/jpm.v3i1.3769 Ernilah, E., Toharudin, M., & Saefudin Wahid, F. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 158–166. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.665 Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(20), 197–206. Geofani, D. (2019). Pengaruh cyberbullying body shaming pada media sosial instagram terhadap kepercayaan diri wanita karir di Pekanbaru. Jom Fisip, 6, 2–6. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/12/. Khasanah, E. U. (2018). Kecerdasan Emosional Pada Remaja Ditinjau Dari Tipe Lembaga Pendidikan Dan Jenis Kelamin. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. http://eprints.ums.ac.id/65011/8/Naskah Publikasi.pdf Lestari, S. F., & Eriza, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Terhadap Kecerdasan Emosional Dikalangan Remaja. Jurnal Syntax Transformation, 2(February), 6. Maftukhah, N. A. (2018). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 1–10. Minalloh, N. A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Ponpes Bina Madani Bogor. Pandaleke, Y. S., Sondakh, M., & Pasoreh, Y. (2020). Pengaruh Instagram Stories terhadap Perilaku Menyimpang Siswa-Siswi di SMP Negeri 6 Ratahan. Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29771 Putri, E. (2023). Lima Kunci Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra). 02(01), 45– 49. Sahir, S. H. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang- Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022. Sambol, S., Suleyman, E., Scarfo, J., & Ball, M. (2022). Distinguishing between trait emotional intelligence and the five-factor model of personality: additive predictive validity of emotional intelligence for negative emotional states. Heliyon, 8(2), e08882. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08882 Saputra, R., Barikah, A., Lampung, S. R., Islam, U., Muhammad, K., Al, A., & Banjarmasin, B. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. UPT Publikasi Dan Pengelolaan Jurnal Universtas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad, 4(1), 60–68. The Connected Discourses Of The Buddha (Samyutta-Nikaya) Vol. III. 2010. Diterjemahkan Oleh Anggara, Indra. Jakarta Barat: DhammaCitta Press. The Long Discourses Of The Buddha (Digha Nikaya). Vol. II. 2009. Diterjemahkan Oleh Team Giri Mangala Publication Dan Team DhammaCitta Press. The Middle Length Discourses Of The Buddha (Majjhima Nikaya). Vol. I. 2004. Diterjemahkan Oleh Anggara, Indra. Jakarta Barat: DhammaCitta Press. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh nilai-nilai buddhayana terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Buddhis kota bandar lampung. Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa Buddhis kota bandar lampung yaitu kurangnya potensi dalam penerapan nilai-nilai buddhayana, kurang memahami lebih dalam tentang nilai-nilai buddhayana, serta kurangnya keyakinan terhadap dharma kaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengolahan data berdasarkan hasil dari penyebaran instrumen. Alat ukur untuk mengumpulkan data berupa kuisioner dengan jumlah penyataan 71 item dengan menggunakan skala likert pada jawaban. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 135 responden. Langkah-langkah yang digunakan untuk menguji besarnya pengaruh menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 26.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan regresi linier sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 14.030 dengan tingkat signifikan 0.000 sedangkan t tabel dengan n=135 dan α = 0,05 diperoleh 5.102. Maka hal ini dapat di asumsikan bahwa t hitung ≥ t tabel (5.102 > 7.894 atau sig < 0,05 (0,000 ≤ 0,05) maka Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,804 yang berarti bahwa nilai-nilai buddhayana berpengaruh terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Buddhis kota bandar lampung sebesar 16,4%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada pengaruh nilai-nilai buddhayana terhadap kecerdasan emosional mahasiswa buddhsi kota bandar lampung. Besarnya pengaruh tersebut adalah 16,4%, sedangkan 83,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Nilai-nilai Buddhayana, Kecerdasan Emosional, Buddhist Educatio

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Buddhayana, Kecerdasan Emosional, Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:36
Last Modified: 06 Dec 2023 07:36
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item
View Item