Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Multimedia Powerpoint Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014

Lestari, Puji (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Multimedia Powerpoint Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 1 PL.pdf] Text
Bab 1 PL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Text
Dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan metode pembelajaran berbasis multimedia PowerPoint di SMA Bodhisattva. Prestasi yang baik tidak terlepas dari persiapan dalam proses pembelajaran. Masalah yang sering terjadi pada saat kegiatan pembelajaran adalah masih terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa tersebut cenderung berbicara sendiri, mengobrol dengan teman, dan ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM.

Multimedia PowerPoint merupakan suatu media yang digunakan untuk memikat perhatian siswa dan membantu guru agar lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang ditunjukkan atau keterampilan yang dikembangkan oleh siswa dalam materi, lazimnya ditunjukkan melalui nilai atau angka yang diberikan oleh guru.

Desain penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan dan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas untuk merefleksi diri dengan tujuan meningkatkan kinerja agar hasil belajar siswa meningkat. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Bodhisattva Bandar Lampung berjumlah 14 siswa dan penelitian ini dilakukan dua siklus.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis multimedia PowerPoint mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha kelas X SMA Bodhisattva Bandar Lampung. Peningkatan ini ditunjukkan pada hasil belajar siklus pertama sampai siklus dua. Rata-rata pencapaian siswa pada siklus I hanya 42,85% dan mencapai 100% pada siklus ke dua.

Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis multimedia PowerPoint memiliki dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Siswa tuntas mengikuti pembelajaran nilai KKM 70.

Kata kunci: metode multimedia powerpoint, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:36
Last Modified: 30 Apr 2025 02:36
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item
View Item