Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas X SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013

Susanti, Dewi (2013) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa Kelas X SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of DAPUS DAN BIO.pdf] Text
DAPUS DAN BIO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan semakin bervariatif dengan adanya model pembelajaran yang saat ini telah banyak dikembangkan. Model-model pembelajaran yang berkembang saat ini dapat diterapkan di semua tingkat pendidikan termasuk SMA di Chitrasthha Bandar Lampung. Penerapannya sesuai tujuan pembelajaran juga tidak terlepas dari guru yang dituntut ahli dalam memvariasikan model-model pembelajaran dengan kondisi kelas. Model pembelajaran yang diterapkan harus sesuai dengan kondisi siswa karena kenyataannya kondisi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Agama Buddha di SMA Bodhisattva Bandar Lampung merupakan komponen siswa yang heterogen. Siswa di kelas tersebut seringkali kurang motivasi, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan tidak tertarik pada saat pelajaran berlangsung.
Masalah-masalah yang timbul di atas menyebabkan rendahnya prestasi pada pembelajaran agama di SMA Bodhisattva Bandar Lampung khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha. Jumlah siswa yang belum tuntas dalam kegiatan pembelajaran mencapai 50%. Guru harus lebih mengkaji ulang terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran lain yang dapat melibatkan siswa secara langsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif solusi adalah model pembelajaran tutor sebaya. Tujuan penerapan model ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran tutor sebaya adalah model pembelajaran yang memanfaatkan siswa yang memiliki kemampuan tinggi untuk menjelaskan materi pembelajaran kepada teman-teman satu kelas yang belum mencapainya secara maksimal.
Penerapan model pembelajaran tutor sebaya dalam penelitian ini diterapkan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi. Penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Buddha kelas X SMA Bodhisattva Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan pada kelas X, SMA Bodhisattva Bandar Lampung sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Pada siklus ketiga, ketuntasan klasikal mencapai 96% maka tindakan dihentikan.
Dari hasil observasi dan evaluasi pada setiap siklus yang dilakukan dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas X SMA Bodhisattva Bandar Lampung meningkat dengan penerapan model pembelajaran tutor sebaya, hal ini dilihat dari hasil tes yang selalu meningkat di setiap pelaksanaan tes.

Kata Kunci: Peningkatan, Model Tutor Sebaya, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:59
Last Modified: 29 Apr 2025 03:59
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item
View Item