kurniawati, Sesi (2019) Pengaruh Tanggung Jawab Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Matapelajaran Pendidikan Agama Buddha SMP Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-1-21.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-1-21.pdf
Download (485kB)
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-22-27.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-22-27.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB) | Request a copy
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-28-42.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-28-42.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB) | Request a copy
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-43-56.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-43-56.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB) | Request a copy
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-57-88.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-57-88.pdf
Restricted to Registered users only
Download (959kB) | Request a copy
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-89-90.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-89-90.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-91-93.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-91-93.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB) | Request a copy
![[thumbnail of SESI KURNIA WATI-94-166.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SESI KURNIA WATI-94-166.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha SMP Bodhisattva Bandar Lampung tahun ajaran 2019. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Sikap tanggung jawab perlu dimiliki setiap orang, tidak terkecuali bagi para siswa yang sedang belajar. Pada dasarnya tanggung jawab siswa tidak terbatas untuk urusan sekolah, tetapi juga tanggung jawab pada lingkungan sekitar.
Sikap tanggung jawab yang dimiliki siswa dalam proses pembelajaran akan tercermin melalui usaha serta kesungguhannya untuk menyelesaikan tugas sekolah, disiplin dalam mengikuti pelajaran, serta menaati semua peraturan yang berlaku di sekolah. Sedangkan kemandirian yang kuat sekali terkait dengan motivasi, yaitu belajar. Menjelaskan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran adalah sikap atau tingkah laku siswa dalam melakukan proses belajar mengajar secara disiplin, aktif, dan percaya diri dalam mengerjakan tugas, ujian, ulangan, dan Tuhan Yang Maha Esa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel X yaitu mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SMP Bodhisattva Bandar Lampung dan variabel Y yaitu kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Bodhisattva Bandar Lampung sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Komunikasi dalam bentuk skala likert dengan lima alternatif jawaban.
Hasil perhitungan statistik data diperoleh (r) sebesar 0,511 (berarti korelasi sedang). Untuk mengetahui signifikansi koefisien korelasi dari 1,3 dengan n = 72, dk = n-2 responden dan diperoleh nilai rhitung (0,511) dan rtabel 0,231. Karena rhitung > rtabel maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara tanggung jawab terhadap kemandirian belajar siswa. Besarnya pengaruh tanggung jawab terhadap kemandirian belajar siswa adalah sebesar 0,2601 atau 26,01%.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tanggung jawab terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Agama Buddha SMP Bodhisattva Bandar Lampung tahun ajaran 2019. Besar pengaruh tersebut 77,0%, sedangkan 23,0% dipengaruhi oleh faktor lain selain tanggung jawab belajar.
Kata Kunci: Tanggung Jawab, Kemandirian Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | wistina wistina seneru |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:27 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:27 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/348 |