Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Bodhisattva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Yanti, Pia (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Bodhisattva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN  (1).pdf] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengukur besar pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa SMP Bodhisattva pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di masa pandemi covid-19 tahun 2021. Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan berbagai masalah yang terjadi di SMP Bodhisattva. Ketika proses pembelajaran daring berlangsung masih ada siswa yang kurang semangat mengikuti pembelajaran, siswa enggan untuk belajar melalui media elektronik, siswa bersikap acuh terhadap guru, dan siswa enggan dalam kegiatan dirumah sehingga lupa mengikuti pelajaran, siswa sering bersikap tidak memiliki ikutan online.
Pembelajaran daring sendiri adalah pembelajaran yang dilakukan menggunakan aplikasi maupun jejaring sosial, tanpa melakukan tatap muka tetapi melalui platform yang telah tersedia. Minat belajar sendiri merupakan suatu kecenderungan seseorang dalam memilih mendorong individu untuk mempelajari dan memperhatikan pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII, VIII dan IX dengan jumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara online. Data hasil angket dianalisis menggunakan program SPSS 26. Penelitian ini menggunakan uji statistik dengan model regresi linier sederhana, yaitu: Y = a + bX + e (uji determinasi R Square).
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan regresi linier sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 6.050, (6.050 > 1.685) dan nilai signifikansi 0.000 (0.000 < 0.05), artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R Square) pada penelitian ini adalah 0.497. Berdasarkan hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa pembelajaran daring memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa terhadap minat belajar siswa SMP Bodhisattva pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di masa pandemi covid-19 tahun 2021. Besaran pengaruh tersebut adalah 49,7% sedangkan 50,3% minat belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 28 Apr 2025 11:35
Last Modified: 28 Apr 2025 11:56
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item