Komparatif Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Antara Siswa Yang Diajar Meditasi Samatha Bhavana Dengan Siswa Yang Tidak Diajar Meditasi Samatha Bhavana pada Siswa Kelas VIII SMP Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013

Siarto, Siarto (2013) Komparatif Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Antara Siswa Yang Diajar Meditasi Samatha Bhavana Dengan Siswa Yang Tidak Diajar Meditasi Samatha Bhavana pada Siswa Kelas VIII SMP Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SIARTO-1-16.pdf] Text
SIARTO-1-16.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of SIARTO-17-22.pdf] Text
SIARTO-17-22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of SIARTO-23-49.pdf] Text
SIARTO-23-49.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[thumbnail of SIARTO-50-74.pdf] Text
SIARTO-50-74.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[thumbnail of SIARTO-75-77.pdf] Text
SIARTO-75-77.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of SIARTO-75-77.pdf] Text
SIARTO-75-77.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of SIARTO-78-79.pdf] Text
SIARTO-78-79.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of SIARTO-80-111.pdf] Text
SIARTO-80-111.pdf

Download (858kB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing siswa dalam pembelajaran yang didapatkan dari hasil wawancara sebagai berikut: siswa sebagian tidak memperhatikan pembelajaran, siswanya masih ada yang ribut dalam proses belajar mengajar, siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah, siswa yang tidur saat mengajar, mengerjakan tugas sambil belajar, dan menyontek temannya pada saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Meditasi Samatha bhavana merupakan teknik yang biasa digunakan untuk menenangkan segala sesuatu sebagaimana adanya dengan menenangkan pikiran. Meditasi ini digunakan dikarenakan manfaatnya adalah pikiran menjadi lebih terfokus dan terkonsentrasi pada obyek yang digunakan dalam melakukan meditasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk pengumpulan data penelitian menggunakan tes pretest dan posttest. Tes dalam penelitian ini menggunakan 60 soal dengan 4 option. Jumlah populasi dari penelitian sebanyak 14 orang siswa. Analisis data menggunakan One Paired Samples Test yang memaparkan hasil dari pengolahan data dan diolah menggunakan program SPSS 16.0 (Statistical Package for Social Sciences).

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan One Paired Samples Test, sebelum perlakuan pada kelompok eksperimen (Y1) diperoleh rata-rata sebesar 78,00 dan kelompok kontrol (Y2) diperoleh rata-rata sebesar 78,14, sedangkan setelah perlakuan pada kelompok eksperimen (Y1) diperoleh rata-rata sebesar 82,57 dan kelompok kontrol (Y2) diperoleh rata-rata sebesar 78,00. Dengan demikian, berdasarkan rata-rata setelah eksperimen pada kelompok eksperimen (Y1) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (Y2). Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa meditasi Samatha bhavana mempunyai pengaruh signifikan di dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar yang didapatkan oleh kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Buddha,Meditasi Samatha Bhavana
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 28 Apr 2025 10:42
Last Modified: 28 Apr 2025 10:42
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item