Wati, Atina (2023) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Agama Buddha di SMP Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.
COVER SKRIPSI.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB) | Request a copy
SKRIPSI BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB) | Request a copy
SKRIPSI BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB) | Request a copy
SKRIPSI BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB) | Request a copy
SKRIPSI BAB 5.pdf
Download (106kB)
DAFTAR PUSTAKA 6.pdf
Download (112kB)
LAMPIRAN 8.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan gadget terhadap kreativitas belajar siswa Agama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya kreativitas belajar, dan terlalu sibuk dengan gadget, bermain game dan nonton you tube saat mengerjakan tugas.
Penggunaan gadget dapat memudahkan anak dalam mencari materi tugas sekolah, seperti hiburan, berteman dengan banyak orang, orang tua dan guru dan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan modernnya kamjuan media, siswa harus beradaptasi dengan cara baru yaitu pembelajaran jarak jauh melalui whatsapp untuk berkomunikasi secara tidak langsung.
Metode penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Alat ukur mengumpulkan data berupa kuisioner dengan jumlah pertanyaan 72 item dengan menggunakan skala likert pada jawaban dengan sampel sebanyak 52 responden.ana
Hasil pengujian hipotesis dan regresi linear sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 8,191 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan t tabel dengan n = 54 dan α = 0,05 diperoleh nilai 1,422. Hal ini dapat diasumsikan bahwa t hitung ⥠t tabel (8,191 > 1,422 atau sig < 0,05 (0,000 ⤠0,05) maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,15,4% yang berarti bahwa penggunaan gadget berpengaruh terhadap kreativitas belajar sebesar 84,6%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap kreativitas belajar siswa Agama Buddha di sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Besarnya pengaruh tersebut adalah 15,4%, sedangkan 84,6% dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Kreativitas Belajar, Buddhist Education