Pengaruh Mindfulness Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung Tahun 2022

Apriyanto, Apriyanto (2022) Pengaruh Mindfulness Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung Tahun 2022. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of Cover apriyanto.pdf] Text
Cover apriyanto.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1 aprianto.pdf] Text
Bab 1 aprianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2 aprianto.pdf] Text
Bab 2 aprianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3 aprianto.pdf] Text
Bab 3 aprianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4 aprianto.pdf] Text
Bab 4 aprianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5 aprianto.pdf] Text
Bab 5 aprianto.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of Daftar pustaka aprianto.pdf] Text
Daftar pustaka aprianto.pdf

Download (910kB)
[thumbnail of lampiran aprianto.pdf] Text
lampiran aprianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Mindfulness Terhadap Efektivitas Pembelajran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung tahun 2022. Mengetahui tugas seorang pendidik tentunya pendidik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan terkendali maka penting untuk menghadirkan perhatian penuh (mindfulness) peserta didik, dengan demikian setiap peserta didik dapat meyerap materi yang diuraikan. Dilihat pada kondisi ruang belajar yang tidak menentu atau bahkan perasaan kurang nyaman, kurang menyenangkan serta kondisi-kondisi lain seperti; ruang kelas yang panas, rasa ngantuk, rasa lapar, rasa haus selalu bermunculan.
Keberhasilan dari sebuah pembelajaran sangat ditentukan oleh kemajuan peserta didik, peserta didik yang memang tidak mengerti akan menjadi mengerti, yang sebelumnya tidak paham akan menjadi paham, dan yang sikapnya kurang baik akan menjadi baik. Tercapainya tujuan pembelajaran ini dapat dilihat juga dari perubahan pengetahuan, pemahaman dan tingkah laku peserta didik, secara keseluruhan terjadi perubahan pada bidang kognitif, afektif dan psikomotorik.
Maka mindfulness menjadi penting bagi peserta didik untuk meminimalisir dampak setres dan ketegangan belajar pada diri setiap peserta didikMetode dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji analisis dari nilai t hitung yang diperoleh sebesar 7,849 dengan tingkat singnifikasi 0,000 sedangkan t tabel dengan n= 98 didapat dk=(98-2) diperoleh 96 dengan nilai t tabel = 1,290 dan a= 0,05. Maka dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (7,849>1,290) atau sig (0,000<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa Mindfulnes memberikan pengaruh terhadap efektivitas pembelajaran sebesar 72,8% dan 31% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Mindfulness, Efektivitas Pembelajaran, Buddhist Education

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mindfulness, Efektivitas Pembelajaran, Buddhist Eduction
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:18
Last Modified: 09 Oct 2023 01:18
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item
View Item