Febriyanti, Elli (2022) Kepercayaan Diri Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Pendidikan Agama Buddha/pembimbing. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
COVER.pdf
Download (695kB)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB) | Request a copy
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (61kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (109kB)
lampiran Elli Febriyanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pembelajaran tatap muka yang dilakukan untuk mengantisipasi menurunnya hasil belajar siswa setelah pembelajaran daring berlangsung. Banyak siswa, orang tua, guru yang mengeluh karena tidak maksimalnya pembelajaran tanpa bertemu satu sama lain. Pembelajaran tatap muka menjadikan guru lebih mudah untuk mengawasi kegiatan belajar yang berlangsung. Pembelajaran tatap muka sangat efektif digunakan dalam menunjang kualitas belajar siswa dan juga dalam mengembangkan kepercayaan diri. Pada pembelajaran tatap muka, guru dapat lebih leluasa memberikan arahan, motivasi dan juga pendekatan terhadap siswa. Pembelajaran tatap muka ini sangat berpengaruh dalam pprosese kegiatan belajar mengajar, dimana siswa dan guru dapat berinteraksi secara langsung.
Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk melihat langsung keadaan di ssekolah. Pembelajaran tatap muka yang sudah dilaksanakan seringkali membuat siswa merasa bosan dan malas untuk belajar karena suda terbisa pembelajaran daring dimana siswa hanya dirumah dan mengerjakan tugas lewat handphone sehingga ketika pembelajaran tatap muka berlangsung mereka mudah bosan, maka dari itu pentingnya guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga membuat siswa menjadi nyaman ketika sedang belajar didalam kelas. Tidak hanya itu, siswa yang sudah lama tidak saling bertemu langsung juga membuat rasa percaya diri mereka menurun sehingga mereka menjadi pemalu dan penakut.
Hasil dari penelitian yang dilakukan ini yaitu pembelajaran tatap muka yang dilakukan saat ini efektif, dimana guru dan siswa dapat berinteraksi secara langsung dan guru dapat mengawasi siswa secara langsung. Adanya metode yang dilakukan guru dalam menyikapi perubahan sikap siswa yaitu dengan melakukan pendekatan dengan siswa, memberikan motivasi, membiasakan siswa untuk membaca didepan teman-temannya juga akan memberikan dorongan untuk siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka. Kualitas belajar juga dapat dipengaruhi dari kepercayaan diri siswa, dimana siswa yang memiliki rasa percaya diri yang bagus akan mengasilkan kualitas belajar yang bagus juga dengan begitu hasil belajar siswa akan meningkat.
Kata kunci : Kepercayaan Diri, Kualitas Belajar, Buddhist Eduacation
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri, Kualitas Belajar, Buddhist Education |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 09:40 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 09:40 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/244 |