Legiyanti, Legiyanti (2013) Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Bodhisattva tahun Pelajaran 2012/2013. Other thesis, STIAB Jinarakkhita.
COVER.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (222kB)
DAPUS.pdf
Download (392kB)
BIO-3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB) | Request a copy
Abstract
Beberapa masalah yang timbul di SMA Bodhisattva adalah kurangnya motivasi yang dimiliki oleh siswa. Hal ini berasal pada diri siswa sendiri karena siswa sering mengalami kejenuhan dengan metode pembelajaran yang di terapkan oleh guru. Motivasi belajar merupakan faktor keberhasilan dalam pembelajaran yang terlihat pada nilai hasil belajar. Nilai hasil belajar adalah nilai hasil setelah mengikuti proses pembelajaran, apabila siswa memiliki nilai yang tinggi, maka memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Dan juga pada nilai sedang maupun rendah, sehingga siswa memiliki motivasi yang sedang dan rendah dalam melaksanakan pembelajaran.
Salah satu model yang mampu membangkitkan motivasi siswa yaitu model quantum teaching. Dimana model quantum teaching memfokuskan siswa untuk belajar aktif yang mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kegiatan belajar mengajar tidak hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Selain itu, melalui pemilihan metode pembelajaran tersebut diharapkan sumber informasi yangditerima siswa tidak hanya dari guru melainkan juga dapat meningkatkan peran serta dan keaktifan siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu yang ada terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa adalah model pembelajaran quantum teaching. Dalam metode pembelajaran quantum teaching lebih menitikberatkan pada proses belajar yang menyenangkan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara merencanakan pembelajaran mempraktikan dan mengamati siswa kemudian direfleksi pembelajaran yang telah diterapkan guru (peneliti) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sehingga perlu dikembangkan suatu metode pembelajaran yang mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kegiatan belajar mengajar tidak hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa adalah metode pembelajaran quantum teaching yaitu suatu pembelajaran yang menyenangkan dan peranan aktif siswa dalam belajar.
Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Bodhisattva pada mata pelajaran agama Buddha di SMA Bodhisattva. Berdasarkan analisis data,tendapat peningkatan dalam setiap siklus untuk mencapai kriteria termotivasi. siklus sahu 20% , siklus dua 61% dan siklus tiga mencapai 15% dan naik menjadi 85% pada kriteria sangat termotivasi. Penerapan ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Bodhisattva pada mata pelajaran agama Buddha di SMA Bodhisattva.
Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Motivasi Belajar, Buddhist Education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Motivasi Belajar, Buddhist Education |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 10:10 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 10:10 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/240 |