Pengaruh Puja dan Mindfulness Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMA Triratna Jakarta Barat

Aryani, Metta (2022) Pengaruh Puja dan Mindfulness Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMA Triratna Jakarta Barat. Other thesis, Stiab Jinarakkhita lampung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh puja dan mindfulness terhadap kecerdasan spiritual peserta didik SMA Triratna Jakarta Barat. Kecerdasan spiritual adalah kapasitas seseorang memahami dan menempatkan perilaku dengan penyesuaian diri di lingkungan masyarakat untuk berkomunikasi secara baik dan tindakan dalam hidup yang sangat bermakna dengan disertai kesadaran penuh.
Peserta didik SMA Triratna belum begitu paham bagaimana cara meningkatkan kecerdasan spiritual melalui puja dan mindfulness. Dimana pelaksanaan puja hanya dilakukan pada saat tertentu, sedangkan untuk praktik mindfulness sudah diterapkan tetapi sebagian peserta didik belum mengikuti dengan baik. Praktik puja dan mindfulness dapat dilakukan dalam setiap aktivitas di kehidupan sehari-hari sehingga dapat menambah spiritualitas diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. dan teknik pengolahan data berdasarkan hasil dari penyebaran instrument. Alat untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dengan jumlah pernyataan 102 item dengan menggunakan skala likert pada jawabannya. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 98 peserta didik dengan tekhnik pengambilan sampel mengunakan rumus slovin serta diperoleh sampel 79 orang yang keseluruhannya merupakan peserta didik SMA Triratna Jakarta Barat. Langkah-langkah yang digunakan untuk menguji besarnya pengaruh menggunakan regresi linear sederhana dan berganda dengan bantuan program IBM SPSS 20.
Hasil pengujian hipotesis ke 3 (tiga) digunakan statistik F, dari hasil perhitungan dengan SPSS di atasdiperoleh F hitung = 161.319 dan Ftabel dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 77 dengan α = 0,05 atau Ftabel = F(0,05)(2; 77) = 1.29 (hasil intervolasi). Dengan demikian Fhitung> Ftabel atau 161.319>1.29 pada taraf signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan puja dan mindfulness terhadap kecerdasan spiritual peserta didik SMA Triratna Jakarta Barat.
Kata Kunci: Puja, Mindfulness, Kecerdasan Spiritual, Buddhist Eduacation

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Puja, Mindfulness, Kecerdasan Spiritual, Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:11
Last Modified: 02 Oct 2023 08:11
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item