Implementasi Pendidikan Karakter Kelas II Ditinjau Dari Materi Kasih Sayang Pada Mata Pelanjaran Pendidikan Agama Buddha Di SD N 1 Sumbersari Lampung Timur

Suyatmi, Suyatmi (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Kelas II Ditinjau Dari Materi Kasih Sayang Pada Mata Pelanjaran Pendidikan Agama Buddha Di SD N 1 Sumbersari Lampung Timur. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberitahukan pentingnya penerapan pendidikan karakter yang ditinjau dari materi kasih sayang pada peserta didik kelas II di SD N 1 sumbersari. Permasalahan yang terjadi yaitu minimnya karakter peserta didik diusia dini. Maka dari itu pentingnya penerapan pendidikan karakter sejak dini dimulai dari pendidikan sekolah dasar, oleh karena nya peneliti memilih materi kasih sayang khususnya di keluarga, sekolah dan lingkungan untuk dapat dihubungkan dengan pendidikan karakter karena didalam materi diajarkan bagaimana sikap yang patut untuk diterapkan anak.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengolahan data berdasarkan hasil dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat untuk mengumpulkan data berupa instrument wawancara dengan jumlah pertanyaan 50 untuk informan pendukung, 46 untuk informan pendukung 1 dan 41 untuk informan pendukung 2 dengan jumlah responden 7 orang yang terdiri dari 1 guru PAB, 3 orangtua dari anak dan 3 orang terdekat dari anak. Cara yang digunakan untuk menguji besarnya keberhasilan penerapan pendidikan karakter dilihat dari hasil jawaban wawancara dari 7 responden.

Berdasarkan hasil observasi yang dilihat dari kegiatan guru dengan peserta didik dalam pembelajaran, interaksi peserta didik dengan orangtua, dan karakter peserta didik di lingkungan dalam sehari-hari ditemukan bahwa terdapat kurangnya kestabilan dari karakter peserta didik sebelumnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan teknik wawancara dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter yang ditinjau dari materi kasih sayang memberikan adanya perubahan dalam bekarakter peserta didik dalam sehari-hari terhadap guru, orangtua, dan orang sekitar
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kasih Sayang, Buddhist Education

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kasih Sayang, Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2023 10:24
Last Modified: 30 Sep 2023 10:24
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item