Ariyani, Dwita (2022) Pengembangan Media Pakapindo Pada Materi Puja Bakti di Sekolah Minggu buddha (SMB) Sekecamatan Batanghari Nuban Tahun 2022. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
COVER.pdf
Download (956kB)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB) | Request a copy
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (13kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (156kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media Papan Kantong Pintar Doraemon (Pakapindo) pada materi puja bakti serta mengetahui kelayakan dan keefektifan media pakapindo yang dikembangkan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMB Sekecamatan Batanghari Nuban pada pembelajaran puja bakti belum maksimal dan minimnya penggunaan media pembelajaran serta keterbatasan penggunaan sumber-sumber belajar, siswa cenderung pasif sehingga perlu adanya media konkret yang dapat digunakan saat proses belajar seperti media visual dua dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Papan Kantong Pintar Doraemon (Pakapindo) pada materi puja bakti serta mengetahui kelayakan dan keefektifan media pakapindo yang dikembangkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) (R&D). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMB Sekecamatan Batanghari Nuban yang membuka 7 siswa pada jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas VI. Langkah pengembangan yang dilakukan berdasarkan langkah Sugiyono level 3 yang sesuai untuk mengembangkan media pakapindo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui kondisi pembelajaran, uji validasi untuk mengetahui produk yang dikembangkan, uji coba produk dengan melakukan tes khusus (pretest & postest) untuk mengetahui perbedaan hasul belajar yang didapatkan oleh peserta didik sebelum dan sebelum menggunakan pakapindo. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test, dan analisis pendekatan gain ternomalisasi.
Berdasarkan uji validasi produk yang diberikan kepada para ahli yaitu ahli bahasa, materi, dan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,27 dengan kategori layak. Hasil uji coba lapangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya 0,000 < 0,05 , maka H0 ditolak. Jika H0 ditolak maka ada perbedaan antara nilai rata-rata sebelum menggunakan media dan sebelum menggunakan media pakapindo. Maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai sebelum menggunakan media pakapindo dengan rata-rata sebelum menggunakan media pakapindo.
Kata Kunci: Media Pakapindo, Media Pembelajaran, Puja Bakti
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pakapindo, Media Pembelajaran, Puja Bakti |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 06:47 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 06:47 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/190 |