Artono, Edy (2010) Efektivitas Metode Ceramah Bervariatif Terhadap Prestasi Belojar Siswa Kelas Lima (V) SD Bodhisaitva Bandar Lampung (Studi Kasus SD Bodhisattva Bandar Lampung). Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
sampul.pdf
Download (2MB)
bab i.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
bab v.pdf
Download (441kB)
dafpus.pdf
Download (647kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Efcktivitas berasal dari kata dasar kata efcktif mempunyai arti mempunyai efek. pcngaruh atau akibat. Maka efcktifitas bisa diartikan seherapa tingkat besar keberhasilan yang dapat diraih dari suatu cara atau usaha tertentu sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai
metode ceramah adalah cara beiajar mengaiar yang menekankan pada pemberitahuan satu arah dari pengajar kepada pelajar Metode berasal dari kata Metodologi adalah tatacara memudahkan sehingga dalam proses belajar-mengajar dapat dicapai dan dikembangkan oleh guru Pembelajaran variatif adalah pembelajaran yang dapat dilakukan dengan jalan memvariasikan format tulisan dalam teks,Menyajikan gambar-gambar, warna-warna yang beraneka ragam, dan sebagainya Metode ceramah yang berasal dari kata lectu, memiliki arti doseri atau metode dosen yang digunakan peca audien yang banyak dalem bentuk menjelaskan konsep, prinsip dan fakia pada ukhir pembelajaran dalam praktiknya metode ceramah tidak digunakan sendiri-sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari beberapa metode mengajar seperti tanya jawab, tugas, diskusi sosiodrama dan demontrasi,
Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun secara kelompok Prestasi belajar merupakan penguasan pengetahuan atau kctcrampilan yang dikembangkan olch mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru Fokus Permasalahan, meliputi Bagaimana pengembangan metode pembelajaran ceramah bervariatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas lima(V) SD Bodhisattva Bandar lampung
Tujuan Penelitian ini adalah Mendiskripsikan seberapa besar pengaruh metode ceramah bervariatif dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas lima(V) SD Bodhisattva Bandar lampunig. Manfaat Penelitian, secara teoritis agar dapat menambah bahan kepustakaan STIAB Sjinarakkhita Bandar lampung dan secara praktis penelitian ini meinbcrikan sumbangan yang dapat meiode ceramah didalam dunia pendidkan Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dan menggunakan data yang didapat dari lapangan dengan mengpunakan angket dengan Langkah-langkab penulisan skripsi yang ditempuh oleh penulis agar terarah, dan tertata secara sistematis, sebagai berikul. Langkah pertama, pendahuluan yang membahas kerangka dasar dan rasionalitas skripsi, meliputi: latar belakang masalah. Fokus Permasalahan, tujuan kajian, kebermaknaan dan kegunaan kajian, metode kajian, definisi istilah. Pembahasan bab pendahuluan ini dimaksudkan untuk memberikan informiasi bahwa pembahasan skripsi ini mempunyai landasan yang jelas dan menjadi indikator bahwa masalah-masalah yang dikemukakan bias dipertanggungjawabkan validitas dan reliabilitasnya dari segi ilmiah. Karena disusun berdasarkan metode dan persyaratan keilmuan Langkah Kedua, tcori teori yang berkenaan metode caramah terhadap prestasi belajar siswa. Pembahasannya meliputi: telaah konsep-konsep efektivitas; metode ceramah bervariatif dan prestasi belajar Pembahasan pada langkah ini dimaksudkan untuk memperoleh pengertian yang mendalam mengenai efektivitas metode ceramah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. sehingga dari pembahasan iri akan diketahui benang merah yang menghubungkan konsep efcktivitas ceramah bervariatif terhadap prestasi belajar siswa kelas lima SD Boddisattva Bandar lampung sehingga akan memperjclas alur pemikiran penulisan sekripsi.
Pembahasan inidimaksudkan untuk memberikan gambaran teniang arah penulisan skripsi ini: Langkah Ketiga, membahas metodologi penelitian yang menjadi indikator bahwa skripsi ini bisa dipertanggungjawabkan validitas dan reliabilitasnya dari segi iimiah, karena disusun berdasarkan metode dan persyaraian keiimuan; Langkah keempat. Membahsa dan melakukan uji angkaet atau alat yang dipakai dalam pengumpuilan data dan mengetahui sebcrapa besar pengaruh metode ceramah bervariatif terhadap prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama Buddha Pembahasan ini dimaksudkan untuk memperjelas hubungan antara metode ceramah bervariatif dan pengembangan prestasi belajar siswa kelas lima SD bodhisaitva Bandar lapung; Penulisan skripsi ini ditutup dengan pembahasan kesimpulan, yaitu hasil pembahasan pada langkah-langkah sebclumnya, dirumuskan oleh penulis dalam berbagai bentuk pernyataan. Hal ini merupakan saripati dari isi skripsi, dan menjawab permasalahan, yang telah dirumuskan. Berdasarkau penelitian ini dapat disarankan agar para guru, siswa, tokoh agaima, maupun orang tua serta lembaga pendidikan menerapkan metode ceramah bervariatif atau metode pembelajarn yang baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Keywords: Epektivitas,Metode Ceramah bervariatif,Prestasi Belaiar, Buddhist Education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Epektivitas,Metode Ceramah bervariatif,Prestasi Belaiar, Buddhist Education |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 08:11 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:54 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/182 |