Sumilah, Sumilah (2023) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa SD Negeri Tegalsari kecamatan blitang II Kabupaten OKU Timur. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
SAMPUL.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (373kB)
DAFPUS.pdf
Download (462kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam prestasi belajar. Disebabkan karena pendidikan saat ini selalu mengalami perubahan-perubahan dalam rangka mencari struktur kurikulum sistem pendidikan dan metode pengajaran yang efektif dan efisien.
Minat Belajar merupakan keinginan yang kuat, gairah, dan kecenderungan hati yang sangat tinggi terhadap sesuatu sikap sehingga mengembangkan penilain positif terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan. Belajar merupakan aktivitas yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan khususnya untuk mencapai prestasi belajar tertentu, dengan belajar seseorang dapat mengikis kebodohan. Buddha menjelaskan bahwa kebodohan adalah noda yang paling yang tak bernoda. Menggunakan mengarahkan pikiran pada pengetahuan tentang penghancuran noda-noda batin sehingga pikiran terbebas dari noda-noda ketidaktahuan.
Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah menggunakan meteode kuantitatif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan angket dengan jumlah item instrumen 20. Jumlah populasi dari penelitian sebanyak 10 orang. Dalam menganalisis data mengunakan rumus regresi Liner sederhanan untuk mendapatkan hasil dari pengolahan data dibantu dengan menggunakan bantuan dari progran SPSS 19.0.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh bahwa terdapan hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestas belajar siswa. Hal ini di buktikan dengan dari hasil uji normalitas untuk variabel X di peroleh sig 0.200 >0,05 berarti bahwa data berdistribusi normal,variabel Y di peroleh sig 0.237 > 0,05 menyatakan bahwa data berdistribusi. Uji homogenitas dengan sig 0.119 < 0,01 dan uji hipotesis dilihat dari nilai 0,716 > 0.05 bahwa ada pengaruh minat belajar terhadap perestasi belajar pendidikan agama Buddha siswa SD Negeri Tegalsari Kecamatan Belitang II Kabupaten OKU Timur.
Keywords: Minat Belajar,Prestasi Belajar, Buddhist Education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar,Prestasi Belajar, Buddhist Education |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:28 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:28 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/178 |