Anjelita, Niken (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keterlibatan Siswa. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
Skripsi Niken Anjelita COVER.pdf
Download (38kB)
Skripsi Niken Anjelita-LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB) | Request a copy
Skripsi Niken Anjelita BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB) | Request a copy
Skripsi Niken Anjelita BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB) | Request a copy
Skripsi Niken Anjelita BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB) | Request a copy
Skripsi Niken Anjelita BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (495kB) | Request a copy
Skripsi Niken Anjelita BAB V.pdf
Download (38kB)
SKRIPSI_NIKEN ANJELITA - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pengaruh penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Strategi CTL merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan keterkaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuannya adalah untuk mendorong keterlibatan aktif serta pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi yang dipelajari. Dalam penelitian ini, strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berperan sebagai variabel independen, sedangkan keterlibatan siswa merupakan variabel dependen yang diukur melalui tiga aspek utama, yaitu keterlibatan kognitif, emosional, dan perilaku.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner skala Likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Kuesioner disebarkan kepada 94 siswa kelas IX SMP Negeri 21 Pesawaran. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linear sederhana untuk menguji sejauh mana pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan siswa. Pada aspek kognitif, siswa lebih aktif berpikir kritis, mengeksplorasi materi, dan memecahkan masalah. Pada aspek emosional, terjadi peningkatan minat belajar, motivasi, dan rasa tanggung jawab. Dalam aspek perilaku, siswa menunjukkan partisipasi aktif, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kedisiplinan. Strategi ini juga sejalan dengan nilai-nilai Kalama Sutta dan Sigalovada Sutta dalam ajaran Buddha, yang menekankan pentingnya pembelajaran bermakna, reflektif, dan menghargai proses belajar serta peran guru. Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) direkomendasikan sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: Keterlibatan Siswa, Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Keterlibatan Siswa, Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | stiab jinarakkhita |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 15:39 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 15:39 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/412 |
