Yanti, Puja (2025) Pengaruh Self-Control Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Agama Buddha Di SMP Negeri 3 Gangga Lombok Utara. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
Skripsi_Puja Yanti_Cover.pdf
Download (225kB)
Skripsi_Puja Yanti_Romawi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB) | Request a copy
Skripsi_Puja Yanti_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB) | Request a copy
Skripsi_Puja Yanti_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB) | Request a copy
Skripsi_Puja Yanti_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB) | Request a copy
Skripsi_Puja Yanti_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (581kB) | Request a copy
Skripsi_Puja Yanti_ Bab 5.pdf
Download (267kB)
Skripsi_Puja Yanti_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB) | Request a copy
Skripsi_Puja Yanti_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Self-control atau pengendalian diri sangat penting untuk diterapkan di era saat ini karena dengan memiliki kemampuan mengendalikan diri, seseorang dapat berpikir secara lebih rasional, mengendalikan emosi, dan bertindak dengan bijaksana dalam menghadapi berbagai tantangan dan godaan yang semakin kompleks di zaman modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control terhadap perilaku disiplin siswa beragama Buddha di SMP Negeri 3 Gangga Lombok Utara. Permasalahan yang ditemukan di antaranya adalah siswa yang kurang mampu mengendalikan diri, seperti berkata tidak sopan, sering terlambat, bolos pelajaran, tidak bertanggung jawab terhadap tugas, dan kurang peduli terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa demi terciptanya suasana belajar yang kondusif dan etika sosial yang lebih baik di lingkungan sekolah.
Self-control memiliki peran penting dalam membentuk perilaku disiplin siswa. Dengan pengendalian diri yang baik, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mengevaluasi tindakan, dan bertindak secara lebih bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 99 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah dari 29 siswa kelas VII, 28 siswa kelas VIII, 42 siswa kelas IX. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Gangga Lombok Utara, dengan responden siswa kelas VII, VIII dan IX pada tahun ajaran 2024/2025.
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa self-control memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku disiplin siswa. Meski demikian, perilaku disiplin juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan keluarga, sekolah, dan teman sebaya. Temuan ini menegaskan bahwa self-control merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan disiplin, namun faktor eksternal juga memiliki kontribusi besar dalam membentuk karakter dan pengembangan diri siswa.
Keyword; Self-Control, Perilaku Disiplin, Siswa Agama Buddha
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keyword; Self-Control, Perilaku Disiplin, Siswa Agama Buddha |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | stiab jinarakkhita |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 04:43 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:43 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/402 |
