Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smb Dharma Virya Oku Timur

Wati, Sudhar (2025) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smb Dharma Virya Oku Timur. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Lembar pengesahan-Daftar lampiran.pdf] Text
Lembar pengesahan-Daftar lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1- Pendahuluan.pdf] Text
BAB 1- Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2- Tinjauan Pustaka.pdf] Text
BAB 2- Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3- Metode Penelitian.pdf] Text
BAB 3- Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4- Hasil Pembahasan.pdf] Text
BAB 4- Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5- Kesimpulan.pdf] Text
BAB 5- Kesimpulan.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Dharma Virya, OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa SMB, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan Project-Based Learning, sementara kelompok kontrol menggunakan metode konvensional.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik, salah satunya adalah uji homogenitas dan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 87,9 antara variabel dari penerapan pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Sedangkan sisanya sebesar 12,1 di pengaruhi oleh faktor lain tidak termasuk dalam penelitian. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata motivasi belajar yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, serta hasil uji-t yang menunjukkan perbedaan signifikan antar kelompok.

Kata Kunci: Project-Based Learning, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: stiab jinarakkhita
Date Deposited: 03 Nov 2025 02:42
Last Modified: 03 Nov 2025 02:42
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item