Wati, Sudhar (2025) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smb Dharma Virya Oku Timur. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
Cover.pdf
Download (188kB)
Lembar pengesahan-Daftar lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB) | Request a copy
BAB 1- Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB) | Request a copy
BAB 2- Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB) | Request a copy
BAB 3- Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only
Download (421kB) | Request a copy
BAB 4- Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (471kB) | Request a copy
BAB 5- Kesimpulan.pdf
Download (229kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB) | Request a copy
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Dharma Virya, OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa SMB, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan Project-Based Learning, sementara kelompok kontrol menggunakan metode konvensional.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik, salah satunya adalah uji homogenitas dan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 87,9 antara variabel dari penerapan pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Sedangkan sisanya sebesar 12,1 di pengaruhi oleh faktor lain tidak termasuk dalam penelitian. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata motivasi belajar yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, serta hasil uji-t yang menunjukkan perbedaan signifikan antar kelompok.
Kata Kunci: Project-Based Learning, motivasi belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Project-Based Learning, motivasi belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | stiab jinarakkhita |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:42 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:42 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/401 |
