Wahyuningsih, Sri (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Sq3r Terhadap Reading Skills Siswa Sekolah Minggu Buddha Kabupaten Tulang Bawang Barat. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
Cover.pdf
Download (164kB)
Halaman i.pdf
Restricted to Registered users only
Download (619kB) | Request a copy
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (143kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB) | Request a copy
DATAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Download (8MB)
Abstract
Rendahnya minat dan kemampuan membaca siswa menjadi tantangan dalam
pembelajaran, termasuk di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan memahami teks, mudah
bosan, dan kurang fokus saat membaca. Hal ini menunjukkan perlunya penerapan metode
pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan terarah untuk meningkatkan keterampilan
membaca siswa.
Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) diyakini mampu membantu
siswa memahami bacaan secara aktif dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap keterampilan membaca (reading skills) siswa
SMB serta mengukur sejauh mana pengaruh tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 44 siswa sebagai responden. Instrumen yang
digunakan berupa angket skala Likert dengan lima indikator sesuai tahapan metode SQ3R.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap keterampilan membaca siswa SMB dengan kontribusi sebesar 53,2%.
Sisanya, sebesar 46,8%, dipengaruhi oleh faktor lain di luar penerapan metode ini. Temuan ini
menunjukkan bahwa metode SQ3R dapat menjadi alternatif pembelajaran yang aplikatif dan
efektif dalam meningkatkan literasi membaca siswa Sekolah Minggu Buddha.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran SQ3R, Reading Skills Siswa Sekolah Minggu Buddha
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Metode Pembelajaran SQ3R, Reading Skills Siswa Sekolah Minggu Buddha |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | stiab jinarakkhita |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:33 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:33 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/400 |
