Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VI SD Ekayana Ehipassiko School BSD City, Tangerang Selatan

Sari, Ika Purnama (2025) Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VI SD Ekayana Ehipassiko School BSD City, Tangerang Selatan. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan, karakter
dan moral siswa dengan demikian, adanya hubungan antara tingkat self regulated learning
siswa dengan kemampuan pemecahan masalah. Siswa yang memiliki tingkat Self Regulated
Learning yang tinggi cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memecahkan
masalah dibandingkan dengan siswa yang memiliki tingkat Self Regulated Learning sedang
atau rendah. Dengan adanya self-regulated learning, siswa dapat lebih mandiri dalam
proses belajar dan mampu mengatasi hambatan- hambatan yang mungkin muncul saat
menyelesaikan masalah dan fokus penelitian ini pada siswa kelas VI SD Ekayana
Ehipassiko School BSD City Tangerang Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi penelitian ini
mencakup sebanyak 44 responden dijadikan sebagai sampel dari suatu populasi
menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, yang disusun secara teliti dan
sesuai dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur tingkat pengaruh antara kedua
variabel. Dalam penelitian ini, terdapat satu variabel independen (bebas) yaitu Self
Regulated Learning dan variabel dependen (terkait) pemecahan masalah pada siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan sebesar
77.3% antara variabel self regulated learning terhadap variabel pemecahan masalah pada
siswa. Besarnya pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil uji linier sederhana yang
menemukan nilai R square deterministik sebesar 0.773 yang berarti bahwa self regulated
learning berpengaruh terhadap pemecahan masalah dan sisanya sebesar 22,7% dipengaruhi
oleh faktor lain.
Kata Kunci : Self Regulated Learning, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:41
Last Modified: 02 Oct 2025 04:41
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item