Prasetya, Deni (2025) Pengaruh Kinerja Sekolah Minggu Buddha Terhadap Efektivitas Pembelajran Agama Buddha Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.
Cover.pdf
Download (58kB)
Halaman i.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB) | Request a copy
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (54kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB) | Request a copy
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Masalah yang dihadapi saat ini adalah rendahnya kinerja guru. guru harus memiliki
kinerja yang tinggi agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal. Diharapkan guru
memiliki komitmen yang kuat terhadap keprofesionalannya dan mampu memberikan teladan
yang baik. Permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran Sekolah Minggu Buddha Kabupaten
Pesawaran dan Pringsewu yaitu pembelajaran cenderung tidak menyenangkan dan
membosankan yang disebabkan oleh guru-guru yang kurang adanya kompetensi guru dalam
proses pembelajaran seperti metode pembelajaran, strategi pembelajaran interaksi dengan
siswa dan kurangnya persiapan bahan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui Pengaruh Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Terhadap Efektivitas
Pembelajaran Agama Buddha Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dengan
melibatkan 31 guru Sekolah Minggu Buddha Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu sebagai
responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert yang mengukur guru
pada tujuh indikator kinerja guru Sekolah Minggu Buddha, yaitu kedisiplinan, komitmen
organisasi dan integritas, motivasi kerja, budaya kerja, educational leadership, kualitas
mengajar dan insentif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kinerja guru Sekolah Minggu Buddha
terhadap efektivitas pembelajaran agama Buddha, dengan jawaban responden berada dalam
kategori sangat tinggi pada kedisiplinan mencapai 87%, komitmen organisasi dan integritas
86%, motivasi kerja tertinggi di 91%, budaya kerja mencapai 87%, educational leadership
mencapai 88%, Kualitas mengajar mencapai 89%. Namun, indikator insentif berada pada
kategori tinggi dengan persentase 83%. Secara keseluruhan, kinerja guru Sekolah Minggu
Buddha memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pembelajaran agama
Buddha sebesar 79,6% dan sisanya 20,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Kinerja Guru Sekolah Minggu, Efektivitas Pembelajaran Agama Buddha
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | wistina wistina seneru |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:33 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 04:33 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/389 |
