Pengaruh Video Interaktif Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Agama Buddha Di SMP N 21 Pesawaran

Kesumo, Bayu (2025) Pengaruh Video Interaktif Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Agama Buddha Di SMP N 21 Pesawaran. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_COVER.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_COVER.pdf - Cover Image

Download (123kB)
[thumbnail of SKRIPSI_BAYU KESUMO_HAL.PENGESAHAN DAN HALAMAN ROMAWI.pdf] Text
SKRIPSI_BAYU KESUMO_HAL.PENGESAHAN DAN HALAMAN ROMAWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB I.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB II.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB III.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB IV.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB V.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_BAB V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_DAPUS.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_DAPUS.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAYU KESUMO_LAMPIRAN.pdf] Text
SKRIPSI BAYU KESUMO_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat krusial dalam proses pembelajaran, tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator dan motivator untuk mendorong keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar menjadi indikator penting dalam keberhasilan pembelajaran karena siswa yang aktif cenderung lebih mudah memahami materi, terlibat dalam proses berpikir kritis, serta menunjukkan minat dan tanggung jawab terhadap pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif, seperti video interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif terhadap keaktifan belajar siswa serta mengukur sejauh mana tingkat pengaruhnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMP Negeri 21 Pesawaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian adalah seluruh siswa beragama Buddha yang berjumlah 30 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala Likert, dan data dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan video interaktif dan keaktifan belajar siswa, dengan nilai kontribusi sebesar 18,6%. Artinya, semakin tinggi optimalisasi penggunaan video interaktif dalam proses pembelajaran, maka semakin tinggi pula keaktifan belajar siswa.
Temuan ini menegaskan bahwa video interaktif dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, yang mampu meningkatkan perhatian, interaksi, dan keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat mengintegrasikan video interaktif secara konsisten dan kreatif dalam proses pembelajaran demi tercapainya hasil belajar yang lebih maksimal

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Video Interaktif, Keaktifan Belajar, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:15
Last Modified: 02 Oct 2025 04:15
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item