Pengaruh Silent Sitting Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Tri Ratna Jakarta

Gopin, Gopin (2025) Pengaruh Silent Sitting Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Tri Ratna Jakarta. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(COVER).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(COVER).pdf

Download (196kB)
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(PENGESAHAN).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(PENGESAHAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(BAB I).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(BAB I).pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(BAB II).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(BAB III).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(BAB IV).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(BAB V).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(BAB V).pdf

Download (236kB)
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(DAPUS).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(DAPUS).pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_GOPIN_(LAMPIRAN).pdf] Text
SKRIPSI_GOPIN_(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Silent Sitting Dalam Meningkatkan
Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Tri Ratna Jakarta. Permasalahan yang terjadi pada siswa
yaitu adanya siswa yang kurang serius dalam mengikuti pelajaran, masih ada siswa yang sibuk
sendiri tidak mendengarkan guru menjelaskan, masih ada siswa yang suka lari-larian saat
kegiatan belajar mengajar, masih ada siswa yang datang terlambat ke sekolah, dan masih ada
siswa yang suka keluar masuk di saat jam pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survey, teknik
pengolahan data berdasarkan hasil penyebaran instrumen. Untuk menentukan besarnya sampel
pada setiap kelas dilakukan dengan alokasi proporsional sampel berjumlah 93 terdiri dari 37
siswa kelas IV, 24 Siswa kelas V, 32 Siswa kelas VI. Penelitian ini di lakukan di Sekolah Dasar
Tri Ratna Jakarta, dengan responden siswa kelas IV, V dan VI, tahun akademik 2024/2025.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa silent sitting memiliki pengaruh yang kuat dan
signifikan dalam meningkatkan disiplin belajar. Pengaruh ini menyatakan bahwa semakin
sering praktik silent sitting dilakukan, maka semakin baik tingkat kedisiplinan belajar yang
dapat tercapai. Dari analisis regresi, diketahui bahwa silent sitting memiliki peran besar dalam
meningkatkan disiplin belajar siswa, walaupun ada juga faktor lain yang turut memengaruhi
dalam porsi yang lebih kecil. Hasil ini mengindikasikan bahwa praktik silent sitting dapat
menjadi faktor utama untuk menciptakan kedisiplinan belajar baik di Sekolah maupun di
rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Silent Sitting, Disiplin belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 12 Sep 2025 10:10
Last Modified: 12 Sep 2025 10:18
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item
View Item