Maharani, Metri (2013) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas Viii Smp Bodhisattva Bandar Lampung. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
![[thumbnail of cover metri maharani.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover metri maharani.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of bab 2 metri maharani.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2 metri maharani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB) | Request a copy
![[thumbnail of bab 3 metri maharani.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3 metri maharani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
![[thumbnail of bab 5 metri.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5 metri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB) | Request a copy
![[thumbnail of bab 4 metro maharani.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4 metro maharani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (24MB) | Request a copy
![[thumbnail of dapus metri.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
dapus metri.pdf
Download (667kB)
![[thumbnail of lampiran metri.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
lampiran metri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (26MB) | Request a copy
Abstract
Proses pembelajaran melalui interaksi timbal balik antara guru dan siswa, serta siswa dengan siswa, secara tidak langsung menyangkut berbagai komponen lain yang saling terkait menjadi satu sistem yang utuh. Perolehan hasil belajar sangat ditentukan oleh baik tidaknya kegiatan dan pembelajaran selama pertemuan pendidikan berlangsung, serta berpengaruh pada penguasaan siswa dalam peristiwa belajar. “Mengajarkan seorang siswa agar pandai baik, memahami, menyimpan, mengingat, menekankan, membiasakan diri, mempertimbangkan dalam pikirannya dan merefleksi (muhasabah) ajaran-ajaran dalam menyampaikan pada anak didik” (M. I. 213).
Perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang mampu melibatkan seluruh siswa, sehingga tidak didominasi oleh siswa tertentu dan guru saja. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran perlu menumbuhkan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang sesuai untuk dijadikan solusi adalah menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran oleh guru, yaitu model pembelajaran berbasis portofolio yang mengutamakan pada proses pembelajaran kelompok dan keaktifan dalam kelompok.
Penelitian ini menggunakan non-eksperimen yang bersifat studi kasus, dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil komponen siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Sebelum dilaksanakan pembelajaran, guru menerapkan dalam 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi dengan menggunakan 3 siklus.
Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan presentase rata-rata nilai komponen portofolio yang ada pada hasil belajar selama pada proses dengan tahapan siklus. Hasil pada siklus I mendapat nilai rata-rata 50,71, dan ada peningkatan pada siklus II menjadi nilai rata-rata 70,23. Dan setelah peningkatan pada siklus III menjadi rata-rata 78,71.
Berdasarkan analisis terhadap penerapan model berbasis portofolio dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) disimpulkan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa dalam pendidikan agama pada kelas VIII SMP Bodhisattva mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | wistina wistina seneru |
Date Deposited: | 16 May 2025 06:29 |
Last Modified: | 16 May 2025 06:29 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/373 |