Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Belajar Siswa Yang Beragama Buddha di SMA Bodhisattva Tahun Pelajaran 2016/2017 Bandar Lampung

Poniyati, Poniyati (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Belajar Siswa Yang Beragama Buddha di SMA Bodhisattva Tahun Pelajaran 2016/2017 Bandar Lampung. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of Poniyati_Cover.pdf] Text
Poniyati_Cover.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Poniyati_Pengesahan.pdf] Text
Poniyati_Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Poniyati_Bab 1.pdf] Text
Poniyati_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Poniyati_bab 2.pdf] Text
Poniyati_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Poniyati_bab 3.pdf] Text
Poniyati_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Poniyati_Bab 4.pdf] Text
Poniyati_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of Poniyati_bab 5.pdf] Text
Poniyati_bab 5.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Poniyati_Daftar Pustaka.pdf] Text
Poniyati_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Poniyati_Lampiran.pdf] Text
Poniyati_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran, khususnya pelajaran agama Buddha sehingga mengakibatkan minat siswa kurang baik dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Bodhisattva Bandar Lampung.

Kecerdasan emosional adalah mengenai bagaimana seseorang mengetahui apa yang dirasakan yang mampu memotivasi diri sendiri untuk dapat melakukan tugas-tugas dengan lebih baik. Sehingga akan mampu menjalin hubungan yang lebih baik dengan pihak lain. Minat belajar adalah kecenderungan seseorang yang berasal dari luar maupun dalam seseorang untuk menunjukkan usaha terus menerus dan berkesinambungan sehingga mengarahkan perhatiannya kepada suatu hal tersebut dan menimbulkan perasaan senang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Bodhisattva yang aktif mengikuti pembelajaran yaitu kelas X dan XI yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana.

Dari hasil penelitian dan data diperoleh nilai rata-rata pada variabel kecerdasan emosional sebesar 83,53% termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata pada variabel minat belajar nilai diperoleh pada kategori sebesar 51% tergolong pada kategori rendah minat belajarnya. Hasil pengujian hipotesis linier sederhana diperoleh nilai rho (r) sebesar 0,420 dan Sig.=0,000. Interpretasi hasil yang signifikan 5% (0,000<0,05) maka berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,342 atau 34,2%. Artinya, pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat belajar siswa sebesar 34,2%. Sedangkan 65,8% minat belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Berdasarkan hasil data yang telah disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang beragama Buddha di SMA Bodhisattva. Maka dari itu, diharapkan agar para guru dapat lebih memperhatikan kecerdasan emosional siswa dan juga dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa, khususnya pelajaran agama Buddha di SMA Bodhisattva agar memiliki kecerdasan emosional yang baik dengan menjaga serta mengelola emosi yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan berdampak pada minat belajar siswa.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: komang sutawan
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:43
Last Modified: 30 Apr 2025 02:43
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item
View Item