Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Herbasis Kontekstual Materi Pancasila Buddhis Sekolah Minggu Buddha Virya Mitta Tahun 2021

Ermawati, Lili (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Herbasis Kontekstual Materi Pancasila Buddhis Sekolah Minggu Buddha Virya Mitta Tahun 2021. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5 dan dapus.pdf] Text
Bab 5 dan dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Materi Pancasila Buddhis serta mengetahui kelayakan dan keefektifan LKPD yang dikembangkan. LKPD merupakan panduan belajar yang berisi materi serta soal-soal latihan yang telah disusun sedemikian rupa, sehingga peserta didik diharapkan dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri. LKPD berbasis kontekstual ini dirancang dan disusun untuk membantu peserta didik agar mampu membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga materi pelajaran akan menjadi lebih berarti

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R and D). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMB Virya Mitta yang berjumlah empat siswa pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Langkah pengembangan yang dilakukan berdasarkan pada Langkah Borg And Gall yang sesuai untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui kondisi pembelajaran, uji validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Sementara uji coba produk yang dikembangkan. Sementara uji coba produk dilakukan dengan menggunakan tes khusus untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan LKPD. Teknik analisis data menggunakan data uji poured samples t-test dan analisis gain ternomalisasi.

Berdasarkan uji validasi produk yang diberikan kepada para ahli yaitu ahli bahan ajar dan ahli materi mendapatkan data sebagai berikut nilai rata-rata dari ahli bahan ajar yaitu 4,2 termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Nilai rata-rata dari ahli materi yaitu 4,4 termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Jumlah nilai rata-rata validasi produk yaitu 4,3 dengan nilai persentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil uji coba lapangan posttest (95,00) lebih besar dari pretest (27,50). Nilai signifikansi sebesar 0,001 artinya 0,001 0,05, maka Ho ditolak. Jika Ho ditolak maka ada perbedaan antara nilai rata-rata sebelum menggunakan LKPD dan sesudah menggunakan LKPD. Kualifikasi kebermanfaatan bahan ajar berdasarkan perhitungan (N-gain) dari tes khusus sebesar 1,5 Nilai 15 berada pada indeks gain ternormalisasi (g) > 0,70 dan pada klasifikasi tinggi Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba LKPD ini terbukti sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina seneru
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:45
Last Modified: 30 Apr 2025 02:45
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item
View Item