Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha SD Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019

Turyani, Dewi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha SD Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER DEWI.pdf] Text
COVER DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1 DEWI.pdf] Text
BAB 1 DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2 DEWI.pdf] Text
BAB 2 DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3 DEWI.pdf] Text
BAB 3 DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4 DEWI.pdf] Text
BAB 4 DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5 DEWI.pdf] Text
BAB 5 DEWI.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of DAPUS DEWI.pdf] Text
DAPUS DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SD Bodhisattva Bandar Lampung. Model pembelajaran yang baik dibutuhkan agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh saat proses pembelajaran. Namun, pada kenyataannya siswa kurang memperhatikan ketika guru sedang menyampaikan materi, kondisi kelas yang gaduh, siswa cepat merasa jenuh, sering mengobrol sehingga mengakibatkan menurunnya hasil belajar. Kondisi demikian merupakan sebagian kecil dari permasalahan yang terjadi pada peserta didik.
Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) merupakan model pembelajaran dengan mengembangkan kekompakan siswa dalam kelompok yang dikembangkan oleh Kangen pada tahun 1993. Adanya model pembelajaran dengan kepala bermor merangsang siswa untuk aktif dan berminat mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) membantu siswa untuk lebih memahami materi yang disampaikan guru karena diulang kembali dalam kasus atau persoalan yang akan dibahas dikelompok yang kemudian hasilnya akan dipresentasikan, dengan demikian maka hal ini akan berpengaruh pada hasil belajar. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku peserta didik akibat proses kegiatan belajar mengajar.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis uji hipotesis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SD Bodhisattva Bandar Lampung yang berjumlah 39 siswa. Jumlah siswa yang dijadikan sebagai responden uji coba instrumen dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, uji validitas dan uji reliabilitas yang dilakukan menggunakan program SPSS. Kemudian dilanjutkan dengan analisis uji hipotesis dan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan regresi linier sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 5.559 dengan taraf signifikansi 0,000, sedangkan t tabel dengan n = 37 dan α = 0,05 sebesar 1.687. Hal ini dapat diasumsikan bahwa t hitung > t tabel (5.559>1.687) atau Sig < 0,05 (0,000<0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk nilai R square pada penelitian ini adalah 0,455 yang berarti bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 45,5%.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Buddha SD Bodhisattva. Besarnya pengaruh tersebut adalah 45,4%, sedangkan 54,5% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Keyword; Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 29 Apr 2025 11:52
Last Modified: 29 Apr 2025 11:52
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item