Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha DI SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011-2012

Ningsih, Tri (2012) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha DI SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011-2012. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[thumbnail of Triningsih_BAB 1.pdf] Text
Triningsih_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Triningsih_BAB 2.pdf] Text
Triningsih_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Trisnawati_BAB III.pdf] Text
Trisnawati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Triningsih_BAB IV.pdf] Text
Triningsih_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of Triningsih_BAB V.pdf] Text
Triningsih_BAB V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of Triningsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
Triningsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Buddha siswa kelas XI SMA Bodhisattva Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2011-2012. Model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw dipilih karena memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling berbagi pengetahuan, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan minat belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Tipe Jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Buddha. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase minat belajar siswa pada setiap siklus, serta tanggapan positif dari siswa terhadap metode pembelajaran ini. Penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan model pembelajaran yang lebih efektif dan menarik, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA.

kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 29 Apr 2025 10:47
Last Modified: 29 Apr 2025 10:47
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item
View Item