Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII (DELAPAN) Pada Pendidikan Agama Buddha di SMP Bodhisattva Bandar Lampung.

Priyati, Titik (2011) Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII (DELAPAN) Pada Pendidikan Agama Buddha di SMP Bodhisattva Bandar Lampung. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Text
Dapus.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu aspek yang hendak dicapai dalam pelaksanaan pendidikan di SMP Bodhisattva kelas VIII adalah peningkatan prestasi belajar siswa. Dalam pembelajaran Quantum, siswa diberikan kesempatan untuk belajar secara optimal melalui strategi yang dapat meningkatkan prestasi belajar, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha.
Salah satu faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar adalah penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan metode pembelajaran Quantum sebagai strategi yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha.
Penelitian dilakukan di SMP Bodhisattva Bandar Lampung dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII, dan variabel penelitian mencakup penerapan metode Quantum sebagai variabel bebas serta prestasi belajar sebagai variabel terikat. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 18 (Statistical Program for Social Science).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum penerapan metode pembelajaran Quantum adalah 49,95, sedangkan setelah penerapan meningkat menjadi 73,6. Dengan demikian, selisih rata-rata hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,65 poin. Uji korelasi Pearson menunjukkan hasil sebesar 0,986 yang berarti ada hubungan yang sangat kuat antara penggunaan metode pembelajaran Quantum dengan peningkatan prestasi belajar siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Penerapan metode pembelajaran Quantum secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha. Metode ini efektif untuk dijadikan rujukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa ke tingkat yang lebih tinggi.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Quantum, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:56
Last Modified: 29 Apr 2025 09:56
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item
View Item