Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Belajar Siswa Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Maitri Wira Agung Tahun 2017/2018

Putradi, Putradi (2017) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Belajar Siswa Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Maitri Wira Agung Tahun 2017/2018. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Text
Dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran 1_merged.pdf] Text
Lampiran 1_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku belajar siswa Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Maitri Wira Agung Tahun 2017/2018 serta seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yang terjadi di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Maitri Wira Agung. Selama proses pembelajaran berlangsung, ditemukan bahwa tingkat kedisiplinan siswa masih kurang. Hal ini terlihat dari adanya siswa yang bermain sendiri saat belajar, siswa yang mengganggu temannya, serta siswa yang keluar ruangan dengan alasan buang air kecil.

Terdapat empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, salah satunya adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian merupakan kepribadian yang matang, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Sedangkan perilaku belajar meliputi kebiasaan, keterampilan, pengamatan, berpikir asosiatif dan daya ingat, berpikir rasional, sikap, inisiatif, apresiasi, dan tingkah laku efektif. Dalam berkepribadian sangat diperlukan perilaku yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode pendekatan penelitian lapangan. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Minggu Buddha (SMB) dengan jumlah responden sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 16.

Hasil pengolahan data menunjukkan nilai R Square sebesar 0,808, yang berarti 80,8% perilaku belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi kepribadian guru. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji t dengan nilai t hitung sebesar 12,650 dan tingkat signifikansi 0,000, sedangkan t tabel dengan n = 40 dan α = 0,05 adalah 1,68595. Karena nilai signifikansi (0,000) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku belajar siswa Sekolah Minggu Buddha (SMB) Vihara Maitri Wira Agung tahun 2017/2018. Kompetensi kepribadian guru mempengaruhi perilaku belajar siswa sebesar 80,8%, sedangkan 19,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Perilaku Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:55
Last Modified: 28 Apr 2025 06:55
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item
View Item