Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Prestasi Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas VII SMP Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013

Ardianto, Hendri (2013) Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Prestasi Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas VII SMP Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of DAPUS DAN BIO.pdf] Text
DAPUS DAN BIO.pdf

Download (729kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menerapkan cooperative script untuk meningkatkan prestasi siswa. permasalahan yang penulis angkat yaitu proses pembelajaran cenderung di dominiasi oleh guru dan siswa cenderung pasif, siswa jarang dilatih untuk mengungkapkan ide/gagasan, dan tingkat keseriusan siswa pada pembelajaran sangat minim dan cenderung sibuk dengan kegiatan sendiri.
metode cooperative script merupakan metode belajar berpasangan. metode cooperative script pelaksananya siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisiarkan bagian-bagian
sari materi yang di pelajari. sementara siswa yang belum membacakan materi yang di bagikan bertugas memberi tanggapan.metode cooperative script ini lebih menekankan siswa aktif dalam pembelajaran serta pembelajaran tidak didominasi oleh guru.
metode penelitian ini penulis menggunakan tindakan kelas (PTK) obyek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 16 siswa SMP Bodhisattva Bandar Lampung. Penelitian ini melakukan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. analisis data penulis menggunakan hitungan statistik sederhana dengan menggunakan one sample T Tes terbaru SPSS 16.0. pengolahan data dilakukan sacara deskriptif analisis yaitu bahan observasi, dokumentasi, dan tes kemudian menganalisis sesuai pendoman alur PTK.
hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai siklus nilai rataannya adalah 74,0 dan nilai sig adalah 0,99% atau 0,099, jadi H0 di terima akan tetapi ketuntasan belum maksimal. sedangkan pada siklus ke II nilai rataannya menunjukkan 79,87 dan nilai sig adalah 0,000 atau 0 % (di bahwah 5%), maka H0 di tolak. artinya nilai rata-rata melebihi KKM. serta pada siklus yang ke II ini terjadi peningkatan sebesar 31 %.
simpulan, (1) adanya peningkatan yang signifikan diterapkan metode cooperative script terhadap prestasi siswa. (2) pembelajaran dengan metode cooperative script telah mencapai ketuntasan belajar siswa. saran, pembelajaran berfungsi sebagai fasilitator, inovasi terhadap pendekatan pembelajaran dapat dilakukan dengan mengevaluasi diri kondisi setempat sehingga guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Script, Prestasi Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:57
Last Modified: 28 Apr 2025 04:57
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item
View Item