Pengaruh Praktik Mindfulness Terhadap Proses Belajar Peserta Didik SMP Tri Ratna Jakarta.

Gunawan, Ryan (2024) Pengaruh Praktik Mindfulness Terhadap Proses Belajar Peserta Didik SMP Tri Ratna Jakarta. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_COVER.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_COVER.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX PENGESAHAN.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 2.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 3.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 4.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX DAPUS.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX  RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX LAMPIRAN.pdf] Text
SKRIPSI_RIYAN_GUNAWAN_FIX LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan untuk mengetahui Pengaruh Praktik Mindfulness Terhadap Proses Belajar Peserta Didik SMP Tri Ratna Jakarta. Permasalahan yang sering dihadapi, seperti stres, kecemasan akademik, gangguan perhatian, dan kurangnya motivasi, yang dapat menghambat konsentrasi dan performa akademik peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 102 peserta didik sebagai responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert yang mengukur kesadaran peserta didik pada empat indikator mindfulness, yaitu tubuh, perasaan, pikiran, dan objek-objek pikiran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik mindfulness berpengaruh positif terhadap proses belajar peserta didik, dengan mayoritas responden berada dalam kategori tinggi pada kesadaran tubuh (79,8%), kesadaran perasaan (74%), dan kesadaran pikiran (78%). Namun, kesadaran terhadap objek mental berada pada kategori sedang (63%). Secara keseluruhan, praktik mindfulness memberikan pengaruh yang signifikan terhadap proses belajar peserta didik sebesar 46,2% dan sisanya 53,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Paktik Mindfulness, Proses Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 26 Apr 2025 11:40
Last Modified: 26 Apr 2025 11:40
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item