Sukmawati, Indi (2024) Pengaruh Kecerdasan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Kelas VIII Dan IX SMP Negeri 4 Tanjung. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.
1. Halaman Judul.pdf - Cover Image
Download (201kB)
2. Halaman Romawi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (769kB) | Request a copy
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB) | Request a copy
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB) | Request a copy
5. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (622kB) | Request a copy
6. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (813kB) | Request a copy
7. Bab V.pdf
Download (171kB)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB) | Request a copy
9. Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh kecerdasan adversity quotient terhadap hasil belajar pendidikan agama buddha kelas VIII dan IX SMP Negeri 4 Tanjung. Permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu terdapat siswa yang mengaku dirinya tidak pernah mendapatkan peringkat, jarang belajar di rumah dan ada pula siswa yang bila belajar tidak bisa memiliki fokus yang lama dan metode pengajaran kurang efektif. Selain itu pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih banyak dilakukan dengan cara yang konvensional dan kurangnya fasilitas belajar juga menjadi penyebab lemahnya motivasi belajar siswa dalam melakukan proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 133 dengan sampel berjumlah 100, diperoleh dengan teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling. Penelitian dilakukan dengan di SMP Negeri 4 Tanjung dengan responden siswa kelas VIII dan IX tahun ajaran 2023/2024.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan adversity quotient terhadap hasil belajar pendidikan agama buddha dengan thitung sebesar 3.804, dan nilai signifikasi (p) adalah 0,000 < 0,05. Dari hasil perhitungan analisis regresi sederhana diperoleh nilai R Square sebesar 0,136. Ini berarti kecerdasan adversity quotient berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama buddha sebesar 13,6% dan sisanya 86,4% dipengaruhi faktor lain.
Keyword; Adversity Quotient, Hasil Belajar, Buddhist Education
