Mardiono, Mardiono (2024) Pengaruh Gaya Interaksional Terhadap Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Belajar Pendidikan Agama Buddha Di Smp Negeri 21 Pesawaran. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.
cover.pdf - Cover Image
Download (40kB)
HALAMAN ROMAWI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (565kB) | Request a copy
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (412kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (49kB)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB) | Request a copy
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Gaya mengajar merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan materi, namun juga membentuk siswa menjadi individu yang aktif, kreatif, dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya mengajar interaksional terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan belajar Pendidikan Agama Buddha di SMP Negeri 21 Pesawaran. Permasalahan yang dihadapi siswa meliputi kurangnya aktif partisipasi dalam diskusi kelas, menjawab pertanyaan, dan keterlibatan aktif selama pembelajaran,yang disebabkan oleh metode pengajaran yang minim interaksi antara guru dan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap 30 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik melalui SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar interaksional terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Buddha. Gaya mengajar yang berbasis komunikasi dua arah dan mendorong partisipasi aktif terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan gaya mengajar interaksional dapat menjadi strategi penting dalam menciptakan suasana belajar yang dinamis dan partisipatif di SMP Negeri 21 Pesawaran. Faktor ekternal lain memiliki pengaruh terhadap partisipasi siswa, sehingga penekanan pada metode pengajaran ini perlu digunakan.
Keyword; Gaya Mengajar Interaksional, Partisipasi Siswa, Buddhist Educaiton
