Kajian Pembentukan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Menurut Pandangan Agama Buddha

Susanti, Titus Rina (2009) Kajian Pembentukan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Menurut Pandangan Agama Buddha. Other thesis, Stiab Jinarakkhita lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of REFERENSI.pdf] Text
REFERENSI.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (152kB)

Abstract

Latar belakang penelitian didasarkan pada asumsi bahwa pendidikan multikultural merupakan suatu pendidikan yang diarahkan untuk membuat keragaman antar individu agar menciptakan kondisi yang baik dan ideal dalam penerapan pendidikan multikultural diberbagai lembaga. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian tentang kajian Pendidikan Multikultural Menurut Pandangan Agama Buddha adalah bagaimana kajian Pendidikan Multikultural Menurut Pandangan Agama Buddha dan bagaimana solusi pemecahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kajian Pendidikan Multikultural Menurut Pandangan Agama Buddha. Berdasarkan penelitian ini diharapkan sekolah dapat menerapkan pendidikan multikultural yaitu dengan melalui pengembangan strategi yang bersentral pada kreativitas setiap individu. Pendidikan yang mengutamakan pendidikan pada setiap kebudayaan yang selalu mengarahkan sikap toleransi yaitu saling menghargai adanya perbedaan suku, agama, etniks, gender, kelas sosial didalam sekolah maupun didalam kehidupan sehari-hari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif studi kepustakaan. Landasan pencarian data dilakukan dengan menelaah kepustakaan melalui membaca buku dari sumber primer dan sumber sekunder yang berhubungan dengan penelitian kajian pendidikan multicultural menurut pandangan agama Buddha. Sumber primer primer penelitian diperoleh dari kitab suci tipitaka yang merujuk pada sutta (kumpulan khotbah Buddha) yang berkaitan dengan penelitian. Sumber sekunder penelitian diperoleh dari buku-buku referensi, karya ilmiah, internet yang berkaitan dengan penelitian Pendidikan Multikultural merupakan pendidikan yang menerapkan suatu toleransi yang tinggi yaitu dengan menerima dan menghargai perbedaan kekudayaan yang ada. pendidikan multikultural yang terdapat dalam pendidikan agama Buddha dapat menjadikan pengetahuan siswa lebih bermakna dan bermanfaat. Pengetahuan tentang pendidikan multikultural dapat memberikan nilai manfaat yang tinggi bagi pembelajaran siswa, karena dengan adanya pendidikan multikultural siswa dapat belajar menghargai perbedaan kebudayaan, baik agama, suku, ras dan etnik. Pengetahuan tentang pelajaran agama Buddha dapat memberikan nilai manfaat yang tinggi bagi kehidupan, apabila siswa mampu memaknai hakekat pembelajaran pendidikan multikultural secara benar. Buddha mengajarkan, “para Bikkhu dan kehidupan dicengkram oleh dukkha Penelitian tentang Kajian Pendidikan Multikultural Menurut Pandangan Agama Buddha diharapkan dapat memberikan semangat kepada peserta didik dan masyarakat, khususnya umat Buddha agar dapat mennghargai dan menerima perbedaan kebudayaan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dilakukan _penelitian eksperimen lebih lanjut dilapangan agar penelitian ini benar-benar bermanfaat. Bagi sekolah agar dapat menerapkan pola pendidikan multikultural untuk memberikan suatu pembelajaran yang bersifat terbuka terhadap kebudayaan yang ada
Keywords: Pendidikan, Multikultural, Buddhist Education

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Kecerdasan, Perkembangan Anak Dalam Kandungan, Penerapan Stimulasi, Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:41
Last Modified: 05 Oct 2023 07:41
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item