Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Melalui Bimbingan Belajar (Studi Kasus SDN 05 Negerikaton)

Pratama, Andi (2022) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Melalui Bimbingan Belajar (Studi Kasus SDN 05 Negerikaton). Other thesis, Stiab Jinarakkhita lampung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Belajar di SD Negeri 5 Negerikaton, 2) untuk mengetahui kendala yang dialami orang tua dalam membimbing anak untuk meningkatkan hasil belajar, 3) untuk mengetahui cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam proses bimbingan belajar di rumah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian masalah ini adalah : 1) peran orang tua dalam bimbingan belajar di rumah adalah sebagai fasilitator dan pengganti guru bagi anak. 2) Kendala yang dihadapi ketika memberikan bimbingan belajar kepada anak di rumah adalah keterbatasan buku cetak dari sekolah yang membuat para siswa harus bergantian menggukan buku cetak, dan terkadang anak sangat susah untu diajak belajar dikarenakan anak lebih mementingkan bermain dari pada belajar, 3) Adapun cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan cara memberikan nasehat-nasehat serta memotivasi anak dengan hal-hal positif agar tetap mau belajar.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Buddhist Eduaction

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:01
Last Modified: 02 Oct 2023 08:01
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item
View Item