Pengembangan Video Pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pada materi Hiri Ottappa dan Perdamaian Dunia di SMP Negeri 1 Adiluwih

Triana, Mai (2022) Pengembangan Video Pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pada materi Hiri Ottappa dan Perdamaian Dunia di SMP Negeri 1 Adiluwih. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video Pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman pada materi Hiri Ottappa dan Perdamaian Dunia serta untuk mengetahui kelayak video pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 7 siswa pada kelas IX di SMP Negeri 1 Adiluwih Pringsewu. Langkah pengembangan yang dilakukan berdasarkan pada Langkah Borg and Gall yang sesui untuk mengembangka video pembelajaran. Teknik penumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui kondisi pembelajaran, uji validasi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, uji coba produk yang melakukan tes khusus (pretest dan posttest) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang didapat peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan analisis pendekatan gain ternomalisasi.
Berdasarkan hasil uji validasi produk yang diberikan kepada para ahli yaitu ahli media dan ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,2 dengan persentase 84% termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Jika Ho ditolak maka terdapat perbedaan antara nilai rata-rata sebelum menggunakan video pembelajarandan sesudah menggunakan video pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai sebelum menggunakan video pembelajaran dengan rata-rata nilai sesudah menggunakan video pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Hiri Ottappa dan Perdamaian Dunia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Hiri Ottappa dan Perdamaian Dunia.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2023 08:46
Last Modified: 30 Sep 2023 08:46
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item