Wiyono, Dwi (2010) Kajian Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Membentuk Moral Anak Menurut Pandangan Agama Buddha. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
Sampul.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (627kB)
DAFPUS.pdf
Download (611kB)
RIWAYAT.pdf
Download (127kB)
Abstract
Penelitian Kajian Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Membentuk Moral Anak Menurut Pandangan Agama Buddha didasari pada kenyataannya banyaknya anak-anak yang terjerumus kedalam hal-hal yang tak bermoral seperti suka berbohong, mengadu domba antar teman dan mengambil barang yang bukan menjadi hak miliknya. Latar belakang terjadinya kasus tersebut disebabkan oleh beberapa sikap orangtua dalam mendidik anak, kurangnya komunikasi orangtua dengan anak dan antara ayah dengan ibu.
Menurut agama Buddha pendidikan diawali dari keluarga yaitu dengan memberikan peraturan-peraturan (sila), cerita-cerita yang mempunyai nilai moralï¼jataka) atau dasar-dasar Buddha Dhamma. pendidikan ini bertujuan agar anak memiliki moral dan dapat bersosialisasi di masyarakat. Orangtua yang tidak memiliki kecakapan dalam mendidik anak, sibuk bekerja, dan tidak memiliki waktu untuk mendidik anak secara langsung maka anak dapat di titipkan di taman penitipan anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK). Semua ini merupakan pendidikan anak pada usia dini yang telah disahkan oleh pemerintah. Pendidikan anak usia dini dalam membentuk moral dalam pandangan agama Buddha adalah usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam hal ini orangtua dan guru yang diarahkan kepada peserta didik, untuk menanamkan keyakinan terhadap Buddha, Dhamma dan Sangha (Triratna), menjalankan sila, serta membimbing anak. Metode yang dapat digunakan untuk dapat membentuk moral anak adalah dengan memberikan nasehat, teladan, pembiasaan, cerita/mendongeng, bermain, dan bernyanyi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data yang diperoleh peneliti berasal dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer adalah Tripitaka dan sumber sekunder adalah buku-buku bacaan lain yang berhubungan dengan pendidikan anak usia dini dan moral. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil deskripsi kajian Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membentuk Moral Anak Menurut Pandangan Agama Buddha dan interpretasi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membentuk Moral Anak Menurut Pandangan Agama Buddha. Melalui dua analisis ini, maka didapat jawaban yang jelas dari rumusan masalah tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Membentuk Moral Anak Menurut Pandangan Agama Buddha.
Keywords: Pendidikan, Anak Usia Dini, Moral
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Anak Usia Dini, Moral |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 04:42 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:22 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/175 |