Kajian Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas XI Semester Genap

Purnomo, Heri (2023) Kajian Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas XI Semester Genap. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of DAFPUS.pdf] Text
DAFPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pendidikan agama Buddha menyangkut permasalahan fundamental kehidupan manusia. Usaha mewujudkan tujuan pendidikan agama Buddha di sekolah salah satunya adalah melalui pengembangan strategi yang bersentral pada kreativitas siswa dengan memberi kebebasan dan kepercayaan kepada anak didik untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Pembelajaran inkuiri merupakan metode penyelidikan yang melihat proses mental dengan kegiatan-kegiatan (bertanya, keterlibatan aktif siswa, diskusi, evaluasi, menggunakan bermacam-macam sumber belajar), serta didukung oleh situasi kelas yang kondusif. Peran pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha yaitu mengkontruksikan pemahaman siswa tentang ajaran agama Buddha secara bertahap dengan mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis dan kritis. Pengkontruksian pemahaman secara bertahap pada siswa akan menjangkau sampai pada pemikiran analisa tingkat tinggi dalam mengaplikasikan pengetahuan dengan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha kelas XI semester genap. Berdasarkan penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi guru agama Buddha untuk mengaplikasikan pola pembelajaran inkuiri pada pendidikan agama Buddha di sekolah, dan bagi siswa melalui aplikasi pembelajaran ini dapat memiliki pengetahuan serta pemahaman agama Buddha.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif diskriptif studi kepustakaan dengan metode pendekatan Buddhis. Sumber primer penelitian diperoleh dari kitab suci Tipitaka yang lebih merujuk pada sutta (kumpulan khotbah Buddha) yang berkaitan dengan penelitian, sumber sekunder penelitian diperoleh dari buku-buku referensi, dan karya ilmiah yang sesuai atau yang berkaitan dengan penelitian. Proses analisis data dalam penelitian kajian pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha kelas XI semester genap ini menggunakan tiga teknik analisis yaitu teknik analisis deskriptif, teknik analisis komparatif, dan teknik analisis interpretasi.
Hasil penelitian yang diperoleh berupa gambaran pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha secara teoritis, melalui penggunaan lima komponen pembelajaran inkuiri (question,student engangement, cooperative interaction, performance evaluation, dan variety ofresources) dan menjaga kelas dalam kondisi kondusif yang berfungsi memberdayakan siswa mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis dan kritis sehingga dapat mencapai pemahaman tentang pendidikan agama Buddha.
Pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha memiliki manfaat agar siswa mampu mengkontruksikan secara bertahap tentang pemahamanya pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha dengan situasi dunia nyata berdasarkan ajaran Buddha Dhamma dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan siswa dari hasil sistem pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha akan lebih bermakna dan memberikan perubahan tingkah laku pada diri siswa sesuai dengan ajaran agama Buddha dalam kehidupan nyata.
Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Pendidikan Agama Buddha, Buddhist Education

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Pendidikan Agama Buddha, Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:08
Last Modified: 29 Sep 2023 03:08
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item