Kajian Etika Buddhis Dalam Pembentukan Pribadi Bersusila

Jumiatun, Jumiatun (2009) Kajian Etika Buddhis Dalam Pembentukan Pribadi Bersusila. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Membentuk pribadi bersusila merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Usaha untuk membentuk pribadi bersusila adalah dengan melaksanakan Sila. Membentuk pribadi bersusila mengutamakan praktik secara langsung sehingga dapat mengembangkan dan mempraktekkan sila secara konteks dengan kehidupan nyata dalam lingkungan masyarakat.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana etika Buddhis dapat membentuk pribadi bersusila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana cara membentuk pribadi bersusila, implementasi, dan manfaat yang diperoleh dalam mengembangkan sila. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi seluruh umat Buddha tentang cara membentuk pribadi bersusila, sehingga umat Buddha dapat memahami cara membangun moralitas diri dan sekaligus praktek dalam kehidupan bermasyarakat.
Penelitian etika membentuk pribadi bersusila menggunakan metode deskriptif kualitatif kepustakaan. Pencarian data dilakukan dengan kepustakaan melalui membaca buku sumber primer yang merupakan sumber data yang diperoleh dari Kitab Suci Tipitaka. Sumber sekunder didapat dari buku-buku, kamus, majalah dan internet yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pemeriksaan sumber ada dua cara yaitu: teknik ekstern dan intern. Dalam pencatatan data yaitu menganalisa selama pengumpulan data, analisa selama data terkumpul, analisa dalam pemaparan data. Penulis menganalisa dengan menggunakan analisis deskritif kajian pustaka secara fenomenologi.
Etika Buddhis merupakan dasar didalam pelaksanaan ajaran agama Buddha, dimana etika Buddhis mencakup semua prilaku manusia beserta sifat-sifat baik yang termasuk dalam ajaran moral dan etika. Bagi orang yang tidak memiliki etika akan selalu melakukan pelanggaran-pelanggaran moral yang tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga merugikan orang lain.
Penelitian yang diperoleh berupa gambaran tentang peran etika Buddhis membentuk pribadi bersusila, yaitu dapat menumbuhkan pikiran sejati, ucapan sejati, dan perbuatan sejati. Selain memperoleh cara membentuk pribadi bersusila, penulis juga memperoleh deskripsi dari manfaat hidup bersusila yaitu manfaat yang diperoleh pada kehidupan sekarang yang dapat dirumuskan sebagai berikut; 1) hidup penuh kasih sayang, 2) memiliki kepedulian pada sesama, 3) merasa puas, 4) memiliki kewaspadaan, dan 5) memiliki banyak teman dan manfaat pada kehidupan berikutnya yaitu setelah meninggal dunia akan terlahir di alam surga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Etika Buddhis, Pembentukan kepribadian, bersusila
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:18
Last Modified: 09 Feb 2023 08:18
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item
View Item