Wina, Wina (2025) Pengaruh Mindful Walking Terhadap Perilaku Prososial Siswa SMP Ekayana Ehipassiko School. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
WINA_SKRIPSI_(COVER).pdf
Download (195kB)
WINA_SKRIPSI_(PENGESAHAN).pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB) | Request a copy
WINA_SKRIPSI_(BAB I).pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB) | Request a copy
WINA_SKRIPSI_(BAB II).pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB) | Request a copy
WINA_SKRIPSI_(BAB III).pdf
Restricted to Registered users only
Download (575kB) | Request a copy
WINA_SKRIPSI_(BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only
Download (951kB) | Request a copy
WINA_SKRIPSI_(BAB V).pdf
Download (281kB)
WINA_SKRIPSI_(DAPUS).pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB) | Request a copy
WINA_SKRIPSI_(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengaruh praktik mindful
walking terhadap perilaku prososial siswa di SMP Ekayana Ehipassiko School. Perilaku
prososial, yang mencakup sikap empati, kesediaan membantu, kerjasama, dan partisipasi
dalam kegiatan sosial, merupakan aspek krusial dalam pembentukan karakter siswa. Fokus
penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang teridentifikasi di
lingkungan sekolah, antara lain kecenderungan siswa yang enggan menolong teman yang
mengalami kesulitan akademik, kurangnya empati terhadap masalah emosional sesama,
preferensi untuk bekerja mandiri dibanding berkolaborasi dalam kelompok, serta rendahnya
partisipasi dalam kegiatan sosial seperti bakti sosial dan gotong royong. Selain itu, metode
pembelajaran yang selama ini diterapkan dinilai belum optimal dalam menumbuhkan sikap
prososial pada diri siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei.
Sampel penelitian terdiri dari 91 siswa yang terdistribusi pada tiga tingkat kelas, yakni 32
siswa kelas VII, 35 siswa kelas VIII, dan 24 siswa kelas IX. Pengumpulan data dilakukan
selama tahun ajaran 2024/2025 dengan instrumen penelitian yang dirancang untuk
mengukur tingkat mindfulness setelah praktik mindful walking serta kecenderungan
perilaku prososial siswa.
Hasil analisis statistik menunjukkan temuan yang signifikan. Nilai t-hitung sebesar
11.597 dengan tingkat signifikansi 0.000 (p < 0.05) mengindikasikan adanya pengaruh yang
kuat antara mindful walking dengan peningkatan perilaku prososial. Lebih lanjut, koefisien
determinasi (R²) sebesar 0.602 mengungkap bahwa 60.2% variasi perilaku prososial siswa
dapat dijelaskan oleh praktik mindful walking, sementara 39.8% sisanya dipengaruhi oleh
faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, pola asuh, atau pengaruh pertemanan. Temuan
ini memperkuat bukti empiris bahwa intervensi berbasis kesadaran (mindfulness)
seperti mindful walking dapat menjadi strategi efektif dalam menumbuhkan sikap prososial
di kalangan pelajar.
Keyword; Mindful Walking, Perilaku Prososial, Siswa
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keyword; Mindful Walking, Perilaku Prososial, Siswa |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | stiab jinarakkhita |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:09 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:09 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/404 |
