Apriyanto, Rio (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pendidikan Agama Buddha Di Sekolah Sariputra Jambi Tahun 2024/2025. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
SKRIPS-RIO APRIYANTO-COVER.pdf
Download (149kB)
SKRIPSI-RIOAPRIYANTO-ROMAVI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
SKRIPSI-RIO APRIYANTO-BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB) | Request a copy
SKRIPSI-RIO APRIYANTO-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB) | Request a copy
SKRIPSI-RIO APRIYANTO-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (629kB) | Request a copy
SKRIPSI-RIO APRIYANTO-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB) | Request a copy
SKRIPS-RIO APRIYANTO-BAB 5.pdf
Download (253kB)
SKRIPSI-RIO APRIYANTO-DAFPUS.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB) | Request a copy
SKRIPSI-RIO APRIYANTO-RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB) | Request a copy
SKRIPSI-RIO APRIYANTO-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali kendala dalam implementasi Kurikulum
Merdeka dalam Pendidikan Agama Buddha di Sekolah Sariputra Jambi pada jenjang SD, SMP,
dan SMA Tahun Ajaran 2024/2025, serta menganalisis pemahaman kurikulum, kesiapan guru,
dan kendala dalam penerapan nilai Buddha dharma.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian
mencakup guru Pendidikan Agama Buddha dan wakil kepala bidang kurikulum dari masingmasing
jenjang pendidikan. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik untuk
menggambarkan secara komprehensif proses implementasi kurikulum, tantangan yang
dihadapi, serta strategi yang dilakukan dalam menginternalisasi nilai-nilai ajaran Buddha
dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di satuan pendidikan, guru memahami Kurikulum
Merdeka namun mengalami kesulitan dalam menyusun pembelajaran yang berpusat pada siswa
karena keterbatasan waktu dan sarana. Tidak hanya itu namun ada juga penekanan yang kuat
dalam pembentukan karakter juga di tekankan sesuai dengan nilai-nilai ajaran buddha. Temuan
ini menegaskan perlunya peningkatan kapasitas guru dan penyediaan sarana pendukung agar
pendidikan agama Buddha dapat berjalan optimal dalam implementasi Kurikulum Merdeka
terkhusus dalam pendidikan agama Buddha.
Keyword; kurikulum merdeka, Pendidikan agama Buddha, implementasi kurikulum
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keyword; kurikulum merdeka, Pendidikan agama Buddha, implementasi kurikulum |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | stiab jinarakkhita |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 09:27 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 09:27 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/399 |
