Reni, Reni (2025) Mindful Learning: Strategi Meningkatkan Efektivitas Hasil Belajar Siswa Dengan Genta Berkesadaran. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
COVER.pdf
Download (29kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB) | Request a copy
BAB I_Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB) | Request a copy
BAB II_Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB) | Request a copy
BAB III_Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB) | Request a copy
BAB IV_Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB) | Request a copy
BAB V_Penutup.pdf
Download (54kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga membentuk kesadaran, sikap, dan perilaku positif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindful learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan genta berkesadaran di SMB Dharma Gaya Kota Metro. Mindful Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kesadaran penuh dalam proses belajar. Siswa diajak untuk hadir secara utuh, sadar, dan fokus pada setiap aktivitas yang dilakukan. Media genta berkesadaran digunakan sebagai alat untuk membantu siswa mengarahkan perhatian untuk belajar dengan kondisi yang lebih tenang dan terfokus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 45 siswa yang dijadikan sebagai subjek keseluruhan pada penelitian.Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert yang mengukur mindful learning dengan genta berkesadaran. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Scinteces) for windows version 26 sebagai alat bantu untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan sebesar 65,5% antara variabel mindful learning dengan genta berkesadaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada SMB Dharma Gaya Kota Metro. Sedangkan sisanya sebesar 34,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Hal ini berarti semakin baik penerapan mindful learning dengan genta berkesadaran dalam kegiatan pembelajaran, maka semakin meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan perubahan dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
Keywords; Mindful learning, mindful clapper, learning outcomes
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keywords; Mindful learning, mindful clapper, learning outcomes |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | stiab jinarakkhita |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 09:06 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 09:06 |
| URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/398 |
