Beri, Beri (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android “Dhamma Quest” Pada Materi Simbol-Simbol Buddhis Di Sekolah Minggu Buddha Wihara Dhamma Suci. Other thesis, STIAB Jinarakkhita Lampung.
![[thumbnail of SKRIPSI_BERI COVER.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_BERI COVER.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of SKRIPSI BERI DAFTAR BAGIAN.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI DAFTAR BAGIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI BERI_BAB 1.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI BERI_BAB 2.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI BERI_BAB 3.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI BERI_BAB 4.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI BERI_BAB 5.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI_BAB 5.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of SKRIPSI BERI_DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of SKRIPSI BERI _LAMPIRAN.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BERI _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pengembangan teknologi yang berkembang pesat telah membawa banyak perubahan
yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari-hari, tentunya mengubah pola pikir maupun
paradigma masyarakat dalam mencari informasi, tidak hanya menggunakan surat kabar
maupun radio tapi dizaman sekarang menggunakan sumber informasi lainnya dimana salah
satunya adalah jaringan internet. Dalam pelaksanaan pembelajaran, penting untuk
menyediakan sarana dan bahan ajar yang mendukung agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
Jika pembelajaran hanya dilakukan secara konvensional, peserta didik cenderung mengalami
kejenuhan dan kurang terlibat secara aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis
Android berupa game Dhamma Quest sebagai sarana bantu bagi siswa Sekolah Minggu
Buddha dalam memahami simbol-simbol agama Buddha, serta menganalisis respon siswa
terhadap penggunaannya dalam meningkatkan minat dan pemahaman mereka. Selain itu,
penelitian ini juga menilai kelayakan media melalui validasi ahli dan pakar, serta mengetahui
pengaruh media pembelajaran Dhamma Quest terhadap minat atau motivasi belajar siswa.
Penelitian ini juga berfokus pada pengembangan media pembelajaran yang berupa game
“Dhamma Quest” pada materi simbol-simbol agama buddha di sekolah minggu buddha
wihara dhamma suci.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research
and development (R&D) level 3. Langkah-langkah yang digunakan terdapat beberapa
langkah yaitu meneliti dan mengembangkan produk. Subjek penelitian adalah sekolah
minggu buddha wihara dhamma suci. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, lembar pengamatan validasi produk, dan menggunakan metode One group
pretest posttest, serta teknik analisis menggunakan uji paired samples test.Hasil penilaian
keseluruhan diberikan oleh ahli materi dan media rata-rata mendapatkan nilai 4,56
dengan nilai persentase 96% dalam kategori sangat layak. Hasil uji terbatas nilai mean
posttest (81,9) lebih tinggi dibandingkan nilai pretest (42,5). Dengan pencapaian ini,
media Dhamma Quest dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi simbol-simbol agama buddha.
Keyword; Pengembangan Media Pembelajaran, Aplikasi Android,Game, Dhamma Quest,
Materi Simbol-Simbol Agama Buddha.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | wistina wistina seneru |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:24 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:24 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/388 |