Wati, Nilia (2025) Pengaruh Mindful Learning Terhadap Fokus Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Tri Ratna Jakarta. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
![[thumbnail of SKRIPSI _ NILIA WATI _ (COVER).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI _ NILIA WATI _ (COVER).pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(PENGESAHAN).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(PENGESAHAN).pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB I ).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB I ).pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB II).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB II).pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB III).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB III).pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB IV).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only
Download (778kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB V).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB V).pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(DAPUS).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(DAPUS).pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB) | Request a copy
![[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(LAMPIRAN).pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NILIA WATI_(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan
meningkatkan kualitas proses belajar siswa di tengah tantangan era digital yang penuh
gangguan. Siswa di SMP Tri Ratna Jakarta juga menghadapi berbagai gangguan yang dapat
menurunkan daya fokus selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh mindful learning terhadap fokus belajar siswa kelas VIII di SMP Tri
Ratna Jakarta. Misalnya yang di identifikasi pada peserta didik meliputi menurunya
kemampuan dalam mempertahankan fokus saaat pembelajaraan, tingginya distraksi akibat
penggunan perangkat digital, serta rendahnya keterlibatan aktif siswa di kelas. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan soslusi untuk meningkatkan daya fokus siswa demi terciptannya
suasana belajar yang lebih nyaman dan froduktif.
Mindful learning, yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran maelalui praktik samnatha
Bhavana (meditasi ketenangan batin), diyakini mampu memberikan dampak positif terhadap
fokus belajar sisiwa. Melalui pengalaman belajar yang mengedepankan kesadaran penuh, siswa
dilatih untuk mengelola perhatian, mungurangi distraksi, serta meningkatkan konsentrasi dan
pratisipasi aktif dalam peross pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala
Likert. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII, dengan jumlah sampel
sebanyak 51 siswa yang diambil secara acak. Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk
menguji hipotesis penelitian, dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for
the Social Sciences) versi 27 untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindful learning memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap fokus belajar siswa. Artinya, semakin tinggi penerapan mindful learning
dalam proses pembelajaran, semakin baik pula tingkat fokus belajar yang dicapai siswa.
Temuan ini menunjukkan bahwa mindful learning dapat menjadi strategi efektif untuk
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan prestasi akademik siswa.
Oleh karena itu, penerapan mindful learning sangat direkomendasikan untuk diintegrasikan
dalam proses pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | indful Learning, Fokus Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | wistina wistina seneru |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 11:05 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 11:05 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/386 |