Pengaruh Mindful Learning Terhadap Fokus Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Tri Ratna Jakarta

Wati, Nilia (2025) Pengaruh Mindful Learning Terhadap Fokus Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Tri Ratna Jakarta. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI _ NILIA WATI _ (COVER).pdf] Text
SKRIPSI _ NILIA WATI _ (COVER).pdf

Download (140kB)
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(PENGESAHAN).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(PENGESAHAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB I ).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB I ).pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB II).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB III).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB IV).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB V).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(BAB V).pdf

Download (192kB)
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(DAPUS).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(DAPUS).pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_NILIA WATI_(LAMPIRAN).pdf] Text
SKRIPSI_NILIA WATI_(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan
meningkatkan kualitas proses belajar siswa di tengah tantangan era digital yang penuh
gangguan. Siswa di SMP Tri Ratna Jakarta juga menghadapi berbagai gangguan yang dapat
menurunkan daya fokus selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh mindful learning terhadap fokus belajar siswa kelas VIII di SMP Tri
Ratna Jakarta. Misalnya yang di identifikasi pada peserta didik meliputi menurunya
kemampuan dalam mempertahankan fokus saaat pembelajaraan, tingginya distraksi akibat
penggunan perangkat digital, serta rendahnya keterlibatan aktif siswa di kelas. Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan soslusi untuk meningkatkan daya fokus siswa demi terciptannya
suasana belajar yang lebih nyaman dan froduktif.
Mindful learning, yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran maelalui praktik samnatha
Bhavana (meditasi ketenangan batin), diyakini mampu memberikan dampak positif terhadap
fokus belajar sisiwa. Melalui pengalaman belajar yang mengedepankan kesadaran penuh, siswa
dilatih untuk mengelola perhatian, mungurangi distraksi, serta meningkatkan konsentrasi dan
pratisipasi aktif dalam peross pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala
Likert. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII, dengan jumlah sampel
sebanyak 51 siswa yang diambil secara acak. Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk
menguji hipotesis penelitian, dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for
the Social Sciences) versi 27 untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindful learning memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap fokus belajar siswa. Artinya, semakin tinggi penerapan mindful learning
dalam proses pembelajaran, semakin baik pula tingkat fokus belajar yang dicapai siswa.
Temuan ini menunjukkan bahwa mindful learning dapat menjadi strategi efektif untuk
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan prestasi akademik siswa.
Oleh karena itu, penerapan mindful learning sangat direkomendasikan untuk diintegrasikan
dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: indful Learning, Fokus Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 12 Sep 2025 11:05
Last Modified: 12 Sep 2025 11:05
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item
View Item