Pengaruh Inviting Bells Terhadap Fokus Belajar Appamāda Siswa SD Tri Ratna Jakarta Barat

Fitriyani, Fitriyani (2025) Pengaruh Inviting Bells Terhadap Fokus Belajar Appamāda Siswa SD Tri Ratna Jakarta Barat. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of 1. HALAMAN JUDUL.pdf] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 2._HALAMAN_ROMAWI.pdf] Text
2._HALAMAN_ROMAWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf] Text
3._BAB_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf] Text
4._BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of 5._BAB_3.pdf] Text
5._BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of 6._BAB_4.pdf] Text
6._BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[thumbnail of 7._BAB_5.pdf] Text
7._BAB_5.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of 9._LAMPIRAN.pdf] Text
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inviting bells terhadap fokus
belajar Appamada siswa SD Sekolah Tri Ratna Jakarta Barat. Permasalahan yang terjadi pada
siswa yaitu kurangnya keseriusan dalam mengikuti pelajaran, masih ada siswa yang sibuk sendiri
tidak mendengarkan guru menjelaskan, masih ada siswa yang suka lari-larian saat kegiatan
belajar mengajar, masih ada siswa yang datang terlambat ke sekolah, siswa merasa cemas dan
gugup dan masih ada siswa yang suka keluar masuk di saat jam pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei, teknik pengolahan data berdasarkan
hasil penyebaran instrumen. Untuk menentukan besarnya sampel pada setiap kelas dilakukan
dengan alokasi proporsional sampel berjumlah 67 siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah
Dasar Tri Ratna Jakarta, dengan responden siswa kelas IV, V, dan VI, tahun akademik
2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inviting bells memiliki pengaruh yang kuat dan
signifikan dalam meningkatkan fokus belajar. Pengaruh ini menyatakan bahwa semakin sering
praktik inviting bells dilakukan, maka semakin baik tingkat fokus dalam belajar yang dapat
tercapai. Dari analisis regresi, diketahui bahwa inviting bells memiliki peran besar dalam
meningkatkan fokus belajar siswa, walaupun ada juga faktor lain yang turut memengaruhi dalam
porsi yang lebih kecil. Hasil ini mengindikasikan bahwa praktik inviting bells dapat menjadi
faktor utama untuk menciptakan diri siswa menjadi lebih terfokus dalam belajar baik di sekolah
maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inviting Bells, Fokus Belajar, Appamada
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:56
Last Modified: 12 Sep 2025 09:56
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item
View Item