Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Peran Media Digital terhadap Kemampuan Berpendapat Siswa SMAN 1 Negerikaton

Sari, Dwi Ratna (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Peran Media Digital terhadap Kemampuan Berpendapat Siswa SMAN 1 Negerikaton. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-COVER.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-COVER.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-PENGESAHAN.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB I.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB II.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB III.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB IV.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB V.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-BAB V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-DAPUS.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI-DWI RATNA SARI-LAMPIRAN.pdf] Text
SKRIPSI-DWI RATNA SARI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat merupakan salah satu indikator penting dalam
pembelajaran abad ke-21. Namun, pada kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam
menyampaikan pendapat secara aktif dan terstruktur. Hal ini mendorong perlunya penerapan strategi
pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
sejauh mana pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan penggunaan
media digital terhadap kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Negerikaton dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan
metode survei. Sebanyak 141 siswa kelas X dijadikan sebagai responden, dengan teknik pengumpulan data
berupa angket tertutup berbasis skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi linier
berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel secara parsial maupun simultan terhadap
kemampuan berpendapat siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dan media digital memberikan
pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat baik secara parsial
maupun simultan, kedua variabel ini menunjukkan pengaruh yang kuat dan saling melengkapi. Dalam hal ini
dapat dikatakan jika implementasi dari model pembelajaran STAD dan peran media digital meningkat maka
kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat juga meningkat. Temuan ini mengindikasikan bahwa
integrasi strategi pembelajaran kolaboratif berbasis tim dengan dukungan teknologi digital mampu
menciptakan suasana belajar yang partisipatif, menyenangkan, dan efektif, serta memperkuat keterampilan
berpikir kritis dan komunikasi siswa. Sehingga dalam hal ini penting bagi tenaga pendidik untuk dapat secara
aktif meningkatkan kompetensi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan berbantuan media
digital.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Media Digital, Kemampuan Berpendapat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:27
Last Modified: 12 Sep 2025 09:27
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item
View Item